Kamu Suka Asinan Sayur atau Buah?


Bogor dikenal sebagai daerah penghasil asinan. Ada asinan sayur juga asinan buah. Dulu kupikir asinan itu sesuatu yang asin, sayuran atau buah-buahan diberi bumbu sehingga asin, eh ternyata aku salah. Asinan itu malah manis, asam, dan pedas.


Suatu ketika aku mendapat satu porsi asinan buah. Wah ukurannya besar, bisa disantap hingga empat orang karena jarang-jarang orang tahan menyantap sesuatu asam manis pedas dalam jumlah besar. Malah nanti bisa sakit perut, kan gawat.

Nah asinan buah itu memiliki kuah berwarna kemerahan. Di dalamnya ada potongan aneka buah, seperti kedondong, mangga muda, bengkuang, dan nanas.Oh iya bagian bengkuangnya ini paling banyak, mungkin karena buahnya yang paling terjangkau.

Kuahnya sendiri bahan dasarnya gula, cabe, dan cuka. Gulanya bisa gula putih dan gula merah.

Perpaduan buah yang asam (kecuali bengkuang) dengan kuah yang asam, manis, dan pedas. Rasanya segar. Memang sih lama-kelamaan kepedasan. Nah pada saat itulah waktu yang pas untuk menyantap bengkuang.

Nah untuk asinan sayuran yang menarik adalah keberadaan kerupuk mie kuning. Bumbu kuahnya umumnya sama, hanya ada juga yang menambahkan terasi dan garam.

Isi asinan sayuran selain kerupuk mie kuning, yaitu irisan wortel, bengkuang, mentimun, tauge, kol, dan kacang tanah. Ada juga yang menambahkan potongan tahu putih yang diiris dadu dan nanas.

Dulu aku tak doyan asinan sayur dan lebih memilih asinan buah. Tapi sekarang aku doyan keduanya. Enak, asam, manis, pedas, dan segar.

Komentar

Postingan Populer