Tomat, Makanan Sehat yang Murah


 Tomat itu buah atau sayur ya? Hemmm hingga saat ini hal ini masih menjadi perdebatan. Entah ia buah atau sayur, menurutku tanaman ini sehat dan kaya khasiatnya.

Buah tomat memang banyak versinya. Ada yang hijau mungil dan biasa dibuat tumisan dan pelengkap sayuran. Ada pula jenis tomat ceri yang enak untuk dibuat salad. Yang umum adalah tomat berwarna jingga hingga merah. Ia bisa dimakan langsung atau dibuat jus, atau disantap dengan gula pasir.

Selain rasanya segar dan asam manis, tomat kaya akan likopen yang merupakan antioksidan alami. Ia juga kaya vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium.

Omong-omong tentang tomat, ia bahan makanan yang murah meriah dan mudah untuk diolah. Olahan yang mudah adalah tinggal dipotong-potong lalu diberi gula. Ingin lebih halus, tinggal diblender.

Buah tomat juga bisa dipotong-potong lalu ditambahkan mayonaise. Jadi deh salad buah. Makin sedap jika ditambahkan apel, anggur dan nanas.

Untuk tomat sayuran yang hijau aku suka sekali mengolahnya menjadi tumisan cumi. Cumi cabe hijau dan tomat hijau. Enak dan sedap.

Kalau kalian suka tomat diolah jadi apa?

Komentar

Postingan Populer