Ayam Kampung Goreng Dicocol Hangat-Hangat Ke Sambal, Wah Enaknya


Siapa sih yang tak kenal dengan ayam Suharti dan Ny Suharti? Kedua merk ayam goreng ini konon awalnya satu kemudian berbeda kongsi. Menurutku sih rasanya mirip-mirip, demikian juga varian makanan dan harganya. Yang bikin populer dari kedua rumah makan ini adalah menu ayam goreng kremesnya.


Kali aku akan bercerita tentang ayam goreng kremes dari rumah makan Ny. Suharti. Lokasinya terletak di Rawamangun. Tempat makannya luas dan terkesan adem. Hanya kalau ke sininya pada siang hari rasanya pencahayaannya kurang, sedikit remang-remang.

Menu rumah makan di sini beragam. Masakannya ala Jawa dan masakan Indonesia dengan aneka minuman seperti aneka es dan wedang lainnya.

Signature dish di sini adalah ayam goreng kremesnya. Ayam kampung dimasak dengan aneka bumbu rempah lalu dibiarkan meresap dulu baru kemudian digoreng dengan kremesan. Ayam ini kemudian dihidangkan dengan sambal berwarna merah yang campuran gurih, manis, dan pedas.

Terakhir ke sini kami membelinya untuk dibawa pulang. Harganya memang agak mahal, berkisar Rp 100 ribuan lebih. Tapi bahannya memang jenis ayam kampung yang memang harganya saat mentah juga lebih mahal dibandingkan ayam negeri. Porsinya juga besar, bisa dimakan untuk empat orang.

Setiba di rumah kami hangatkan dulu ayamnya di atas api dengan tanpa minyak. Sekitar lima menitam

Ya, kami pun bersantap ayam goreng kremes ini dengan nasi hangat. Tak lupa dengan cocolan sambal merahnya.

Menyantap dengan nasi dan ayam goreng yang gurih dan sedap, wah jadi pengin nambah. Akhirnya aku makan dua piring. Kenyang dan puas. Bumbu ayam goreng dan padanan sambalnya itu yang bikin mantap. Kremesannya memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya.


Komentar

Postingan Populer