Tentang Bebek Songkem

Madura adalah pusat kuliner bebek. Selain terkenal penghasil bebek goreng dengan sambal yang sedap dan bebek irengnya yang pedas, Madura juga punya resep bebek lainnya yang tak kalah sedap. Bebek songkem, namanya.


Nama masakan bebek ini unik. Diambil dari kata songkem alias sungkem yaitu tanda hormat kepada yang lebih tua. Makanan ini digunakan sebagai hantaran untuk menghormati mereka yang lebih tua.

Bebek songkem tidak digoreng. Melainkan dikukus seperti pepes. Bebek dimasak dengan aneka bumbu. Bumbunya sebenarnya standar, bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai keriting, garam dan sedikit gula.

Bebek dibersihkan dan dilumuri jeruk nipis dulu biar tidak amis. Lalu bumbu halus tersebut dilumurkan ke sekujur bebek. Lebih baik jika bebek dipotong-potong dulu.

Setelah dilumuri dan didiamkan minimal 30 menit maka potongan bebek bersama bumbu dikukus dengan dibungkus daun pisang terlebih dahulu. Jangan kaget, proses mengukusnya bisa tiga jam agar bumbu meresap hingga ke tulangnya.

Ooh aromanya. Wanginya sungguh semerbak menggugah selera makan.

Ketika daun pisang dibuka aromanya semakin menguar. Inilah kelezatan masakan bebek yang wajib dicobai pecinta masakan bebek dan pecinta kuliner.

Sedapnya. Ditemani nasi putih, bebek songkem membuatku merasai kelezatan duniawi. Rasanya segar sekaligus kaya cita rasa.

Ooh aku kangen bebek songkem.

Komentar

Postingan Populer