Tentang Gado-Gado


Gado-gado itu dari mana sih? Ada yang menyebutnya dari Jakarta, ada juga yang asal menyebutnya sebagai salad asal Indonesia karena asal-usulnya kurang jelas dan bisa ditemui di daerah mana saja. Bagaimana pendapatmu?

Gado-gado banyak dijumpai di Jakarta. Ia adalah sayuran yang dikukus atau direbus lalu disajikan dengan tahu, kentang kukus, sebutir telur rebus lalu dituangkan saus kacang berbumbu. Bawang goreng, emping melinjo, dan kerupuk biasanya jadi tambahan pelengkap. 

Sayuran yang digunakan beragam. Ada kubis, kacang panjang, dan irisan tomat. Ada juga yang menambah pipilan jagung, selada, bayam, tauge, dan wortel. Juga ada yang mengimbuhkan tempe goreng. Ya beda-beda. 

Bumbu kacangnya sendiri lazimnya adalah kacang tanah dengan bawang putih, gula, garam, cabai, yang dihaluskan. Ada yang menambahkan kencur, kecap, hingga santan. Kacang tanahnya sendiri ada yang diukeg, ada pula yang dihaluskan begitu halus seperti pasta dan selai. Oh iya ada juga yang melumat kentang kukus ke dalam saus kacangnya sehingga terasa kental. 

Selera orang berbeda-beda. Ada yang cocok dengan bumbu gado-gado bersantan, ada pula yang lebih suka bumbu yang minimalis. Kalau Kalian lebih suka yang mana?

Komentar

Postingan Populer