Kamis, 18 April 2019

Oleh-oleh Bali dari Kacang, Pie, Hingga Selai Homemade


Bali masih menjadi salah satu provinsi yang populer sebagai tujuan wisata. Di sini turis bisa melakukan banyak hal, dari jelajah pantainya yang indah, berwisata budaya, hingga tentunya berpetualang rasa. Nah agar wisata berkesan maka tak lengkap tak membawa buah tangan. Apa sajakah buah tangan makanan dan minuman yang bisa dibawa?


Kacang Bali tetap menjadi oleh-oleh yang populer. Kacang ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kacang tanah dan teksturnya agak keras. Tapi banyak yang menyukainya.

Sekarang bentuk kacangnya beragam. Ada yang berukuran besar dan empuk. Ada pula yang berupa kacang kapri dengan daun jeruk.  Harganya berkisar Rp 30 ribu ke atas


Makanan lainnya adalah kopi Bali dan pie susu. Kopi Bali ada yang cenderung asam dengan jenis arabica tapi ada pula yang merupakan robusta. Kopi hitamnya lumayan kental membuat mata terbuka.

Sedangkan pie susu ini sekarang merknya makin bervariasi. Ada pie susu basah yang tak tahan lama dan ada juga yang cenderung kering sehingga tahan beberapa hari. Jika ingin tahan lebih lama tentunya perlu disimpan di lemari pendingin.

Pie susu rasanya manis dan gurih. Sekarang ada berbagai varian seperti rasa keju sehingga cocok bagi yang tak suka makanan terlalu manis.

Oh ya ada lagi oleh-oleh lagi hits yaitu selai homemade alias buatan rumah. Selainya variatif. Rasanya ada yang pisang-stroberi, ada rasa jambu-nanas, asam, susu karamel, apel kayu manis, dan selai mangga. Eh ada juga botol cocolan buah, daging, atau ikan, berupa garam laut yaitu kusumba dan yang mengandung rempah-rempah. Unik ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar