Rabu, 10 April 2019

Pesta Seafood di RM Sari Laut Mbak Zuly



Yang asyik dan 'wajib' dilakukan apabila ke Kalimantan Timur adalah pesta seafood. Selama empat hari tiga malam kami ke Bontang, Kalimantan Timur, tiap malam kami mencicipi seafood, dari yang tempatnya sederhana hingga yang terkenal. Nah, pada hari terakhir kami diajak pesta makan seafood di tempat yang konon sangat beken di Bontang akan kelezatannya. Nama tempat makannya adalah RM Sari Laut Mbak Zuly.



Sesaat setelah kami tiba, sebutir kelapa muda utuh dibagi-bagikan. Menyusul kemudian ikan kuwe bakar yang nampak gurih dan sedap beserta sambal gami. Wah ini dia sambal gami yang terkenal.

Aku takjub ketika mendengar satu ikan itu untuk satu orang. Wah kayaknya aku batal pakai nasi nih biar perutku muat.

Meja kemudian semakin ramai oleh berbagai hidangan laut. Ada cumi-cumi bakar, udang galah bakar, gami bawis, kepiting telur, kepiting dengan bumbu merah pedas dan sayur kangkung plus lalapan.


Wah aku mulai darimana dulu ya.

Setelah mengamankan bagian kepiting telur dan kepiting saus pedas, aku kemudian menyantap ikan bakarnya. Wow ikannya segar dan dagingnya putih dan gurih. Sambal gami juga manis, pedas, gurih. Wuihhh hidangan pembuka yang bikin bersemangat untuk makan.

Aku kemudian mencicipi dua potong kecil cumi-cumi yang sayangnya agak keasinan. Udang galahnya enak. Ada guratan rasa manis dan gurih.

Ya, waktunya berkonsentrasi dengan kepiting. Biasanya aku kurang suka kepiting telur, tapi yang ini sedap. Dagingnya tebal dan cangkangnya mudah dipencet. Enak.

Kepiting saus merahnya juga sedap. Aku menyantapnya dengan lahap dan penuh seksama.

Gami bawisnya aku tak sempat mencicipi karena perut sudah penuh. Ikan kuwenya aku hanya habis separuh, berbagi dengan teman di sebelahku.

Sebagai penutup aku menyantap tumis kangkung dan menyeruput kelapa mudanya. Ah nikmatnya. Perut kenyang dan puas.


Omong-omong tempat makannya luas dan cocok untuk menjamu rekan sejawat atau menraktir kawan dan keluarga besar. Masakannya juara, meski ada beberapa yang sedikit keasinan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar