Dari Kerupuk Berubah Jadi Mie Gelosor


Orang Indonesia itu kreatif. Dari kerupuk bisa diolah menjadi beraneka makanan. Ada kerupuk rambak yang sedap jika diolah menjadi sayur bersantan. Kemudian ada seblak yang berbahan kerupuk, cabe, dan kencur. Lalu ada kerupuk kuning yang bisa diolah menjadi semacam mie. 

Selama berlebaran di Subang aku beberapa kali menjumpai mie seperti ini. Biasanya dibuat jadi hantaran jelang hari raya. Namanya mie gelosor atau glosor. 

Mie ini populer di kalangan warga Bogor, Sukabumi, kemudian merambah ke Subang. Seperti namanya, mie glosor ini seperti seluncuran, licin dan seperti licin masuk ke sistem pencernaan. 

Terbuat dari kerupuk mie kuning 

Mie ini terbuat dari kerupuk kuning yang disiram air. Kemudian ditunggu hingga lunak, baru kemudian diolah. Bahannya mirip dengan mie lainnya, bisa ditambahkan bawang putih, bawang merah, lada, dan cabe. Juga bisa dikreasikan dengan kecap atau bahan lainnya seperti sawi, telur, bakso, dan sosis. 

Mie ini enaknya langsung dimakan karena mudah lengket jika dingin. Ketika dimakan ada tekstur kenyal dan licin seperti main glosoran. 

Kredit gambar: Cookpad/Nisa Annisa Nurfairusa dan blog miekerupuk.wordpress.com

Komentar

Postingan Populer