Kue Mochi


Di Malang jaman dulu kue mochi dikenal dengan nama kue ayas. Kuenya agak kotak dan teksturnya kenyal-kenyal serta gurih karena ada kacangnya. Kini yang lebih dikenal adalah kue mochi, baik dengan bedak alias bertepung atau dengan taburan wijen. 

Kue mochi entah apakah berasal dari Indonesia asli atau bukan, karena ia lebih dikenal berasal dari Jepang. Ia sering kan muncul di anime. Biasanya ada festival tahun baru atau acara lainnya dimana para pria bergantian menumbuk beras ketan dalam lesung untuk bahan mochi hingga lembut dan agak lengket. 

Tapi kini ada alat modern untuk menumbuk beras ketan hingga menghasilkan tekstur siap pakai untuk mochi. Biasanya ia dibentuk bulat lalu diberikan isian. Isiannya bisa berupa kacang merah tumbuk yang manis atau kacang tanah yang juga diberikan tambahan gula. 

Di Indonesia jenis kue mochi beragam. Yang umum dijual adalah kue mochi Sukabumi yang disebut juga kue bedak karena kue mochinya dilumuri tepung sagu. Biasanya ada dua jenis, tanpa isian dan dengan isian kacang tanah.

Di Semarang juga ada kue mochi dengan harga berkisar Rp 12500 untuk isi 10 mochi. Isiannya kacang tanah yang manis. Di luarnya ada yang bertabur tepung sagu, ada juga yang bertabur wijen. 

Di stand mal biasanya juga banyak yang jual kue mochi adaptasi. Ada yang disantap dengan es krim juga ada yang dalamannya beragam, isian matcha dan sebagainya. 

Kalau aku suka mochi bertabur wijen. Kalau kalian suka yang mana?



Komentar

Postingan Populer