Buat Akhir Pekan, Bisa Nih Masak Udang Goreng Saus Mentega yang Unik dari Omela

 

Jika ditanya apa masakan favorit maka aku akan langsung spontan menjawab udang. Ya, aku suka sekali menyantap atau memasak makanan dengan bahan udang. Nah, untuk akhir pekan bareng pasangan, aku terpikir untuk menyajikan hidangan istimewa.  Bagaimana jika aku memasak udang goreng saus mentega? Tapi yang unik dan tidak seperti biasanya, karena menggunakan Omela Krimer Kental Manis.


Sebenarnya aku baru tahu belakangan ini apabila Omela Krimer Kental Manis bisa digunakan memasak. Pasalnya, biasanya aku menggunakan Omela untuk tambahan minuman, membuat es, topping kue, atau sekadar topping roti tawar. Memang enak Omela, dituangkan ke kopi plus es batu maka sudah jadi es susu kopi yang sedap. Apalagi bisnis kopi sedang menjamur, makanya aku tertarik siapa tahu bisa jadi bisnis kuliner menjanjikan.

Kenapa menggunakan Omela? Karena rasa Omela sendiri gurih, manis, dan lezat. Nah karena aku asli orang Jawa Timur, maka biasanya ada beberapa jenis masakan yang ku tambahkan gula sebagai pengganti penyedap rasa dan memang karena kebiasaan. Cocok sih, sebagai pengganti gula dan karena di masakan udang yang akan kubuat ada bahan mentega, maka rasanya bakal membaur dengan sempurna. 

Oke, setelah cek-cek aneka resep di website Omela, aku memantapkan diri untuk memasak udang goreng saus mentega. Aku membeli dua jenis udang. Yang pertama adalah jenis udang besar dan kedua, adalah udang berukuran sedang. Sayangnya yang udang berukuran besar ini ternyata kurang segar ketika ku periksa. Sehingga aku memutuskan untuk menggunakan udang berukuran sedang.

Karena di minimarket dekat rumah dan di toko online agak susah menemukan kecap Inggris maka aku ganti kecap asin. Mentega juga ku ganti yang lebih mudah didapat, yaitu margarin khusus, yang berkombinasi dengan mentega. 

Oke semua bahan sudah lengkap. 

Oh iya berikut resepnya, yang ku kutip dari website Omela. Di praktiknya aku menggunakan setengah resep karena di rumah kami hanya berdua dan aku lebih suka menyajikan makanan secara fresh. 

Udangnya kupilih yang berukuran sedang dan fresh

Udang kubersihkan dari kulitnya dan kubelah punggungnya untuk mengeluarkan kotorannya


Resep Udang Goreng Mentega Omela

Bahan Utama

  • 500 gr udang pancet ukuran besar, belah punggung dengan kulit
  • Minyak utk menggoreng
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • ½ sdt lada bubuk
  • 2 sdm kecap inggris
  • Garam secukupnya


Bumbu

  • Garam secukupnya
  • 3 sdm Omela
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 bh bawang bombay, iris memanjang
  • 2 cabe merah besar, iris serong
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 buah jeruk limau, peras, ambil airnya
  • garam dan lada secukupnya
  • 100 ml air
  • irisan daun bawang di akhir


 Cara Memasak

  1. Lumuri udang dengan bahan marinasi. Diamkan selama 15 menit. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng udang yang telah direndam dalam bumbu hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan mentega,  tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukan irisan cabe merah besar. Aduk kembali
  4. Tambahkan saus tiram, kecap inggris, saus tomat, Omela dan merica, terakhir masukan air dan perasan jeruk limau, aduk rata.
  5. Masak hingga mendidih hingga saus mengental, sebelum diangkat masukan irisan daun bawang

Sebenarnya aku tipe-tipe orang yang memasak tanpa resep. Tapi kata pasangan ini yang bikin  masakanku tidak konsisten, kadang-kadang lezat, kadang-kadang tidak karuan hahaha. Oleh karena itu kali ini aku benar-benar mengikuti resep Omela ini setahap hingga setahap. 

Langkah pertama setelah bahan-bahan siap maka aku membersihkan udang, membelah bagian punggung dan mengeluarkan kotorannya. Setelahnya baru ku marinasi dan ku siapkan bumbu. 

Udangnya kumarinasi terlebih dahulu

 
Udangnya kemudian digoreng

Tumis bumbu, masukan aneka bumbu dan saus baru kemudian Omela dimasukkan

Bolak-balik aku melihat catatan ketika masuk ke tahap memasak. Untungnya nggak sampai gosong. Langkah-langkahnya jelas jadi aku mudah mengikutinya. 

Nah setelah semuanya matang, maka saus menteganya kucicipi dulu. Ooh kalau menurut lidahku agak kurang pedas, maka ku tambahkan cabe bubuk. Jadi deh. 

Kutaruh saus mentega lalu kutata udang goreng di atasnya. Baru deh kutambahkan irisan daun bawang.
Sip jadi. Wah lumayan cantik juga masakanku hehehe.

Nah sambil menunggu nasi putih tanak, aku tak sabar untuk mencicipinya. Rasa masakan itu kaya rasa. Selintas rasanya itu gurih dan lezat. Tapi jika diselami, ada beragam rasa di sana, ada rasa asam yang segar, creamy dari perpaduan margarin dan Omela Krimer Kental Manis, juga rasa gurih perpaduan dari bawang, udang, dan Omela. Sebuah sajian yang kaya cita rasa.

Untuk percobaan pertama memasak dengan Omela, ini memuaskan
 

Aku tertarik untuk mencoba aneka resep lainnya dari Omela, karena Omela Krimer itu punya rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan.

Yuk #GantiCaraMasak dengan Omela! Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

Next, bikin resep udang lainnya atau coba resep minuman, siapa tahu bisa jadi bisnis kafe yang punya banyak resep kreasi terenak.


Komentar

Postingan Populer