Ikan Laut dan Aneka Sajiannya

ikan laut

Setiap kali menjumpai tempat makan yang menawarkan ikan laut segar, aku merasa tergoda. Tak peduli tempatnya sederhana. Ikan laut yang segar hanya dengan sedikit garam dan sambal ala dabu-dabu, sudah terasa nikmatnya. Apalagi jika dimasak dengan aneka bumbu. Oh sedapnya.

Daripada ikan dan daging sapi, aku lebih menyukai masakan laut, seperti udang, kepiting, cumi-cumi dan ikan laut. Oleh karena ikan lebih mudah dijumpai dan relatif lebih murah, maka aku pun lebih sering menyantapnya. 

Saat-saat memilih ikan laut lalu kemudian meminta tempat makan memasak sesuai dengan keinginan kita, aku kadang-kadang bertanya-tanya ke dalam diriku. Tak banyak jenis ikan yang kukenal. Paling-paling ikan laut yang kukenal hanya kakap, tongkol, tuna, kembung, belanak, selar, dan baronang. Masih banyak misteri tentang nama dan rasa ikan laut yang kujumpai di tempat penjual ikan.

Ada ikan bintik-bintik merah. Wah apa namanya? Juga ada ikan dengan bintik-bintik biru, ini ikan apa lagi?

Ikan laut dibakar dan digoreng sama enaknya. Demikian juga ketika ia diolah dengan bumbu saus Padang, saus lada hitam, saus mentega, saus asam manis, atau dimasak dengan cara lempah, pindang, sop kepala ikan, dan sebagainya. 

Wah sungguh sedapnya ikan laut. Aku jadi terbayang akan kelezatannya.

Komentar

Postingan Populer