Jumat, 18 Agustus 2017

Nasi Goreng Menu Sederhana Dikenal Mancanegara


Apa Kalian sering menyantap nasi goreng saat sarapan ataupun makan malam? Dulu Ibuku sering membuatkan anak-anaknya nasi goreng untuk sarapan. Waktu itu aku berangkat jam 06.00 pagi sehingga Ibu harus menyiapkan lebih pagi untuk anak-anaknya. Nasi goreng itu hanya berbumbu duo bawang, cabe merah, dan sedikit garam,dengan kawan telur mata sapi. Meski demikian rasanya sedap dan bisa jadi energi selama belajar di sekolah.



Untuk urusan nasi goreng, Ibu sering berkreasi. Nasi goreng buatannya bukan sekedar nasi goreng pada umumnya. Ia terkadang membuat nasi goreng putih dengan minyak bekas ikan asin dan sedikit terasi. Rasanya asin, gurih, dengan aroma terasi yang khas. Terkadang ia menambahkan sawi dan mie kuning meniru nasi goreng mawut. Oh ya dulu tetanggaku pernah berjualan nasi goreng mawut yang maknyus, dengan sawi, mie kuning dan irisan daging sapi.

Waktu di Surabaya, aku merasakan nasi goreng yang berbeda dan enak. Warna nasi gorengnya kemerahan dan agak kering, dengan suwiran ayam goreng dan sedikit sawi. Hemmmmm sedap. Dulu jika aku punya uang lebih aku suka membeli nasi goreng dekat kosanku di sekitaran Jalan Manyar. Karena sayang kadang aku menyimpannya untuk bekal sahur setelah dibuat makan malam (dasar anak mahasiswa kosan:p).

Setelah di Jakarta, aku melihat nasi goreng begitu beragam, Kakakku suka mengajakku membeli nasi goreng susis. Dulu harganya murah hanya Rp 4 ribu. Susisnya banyak dengan jenis nasi goreng yang menggunakan kecap. Oh iya di Jakarta rata-rata nasi gorengnya menggunakan kecap dengan irisan telur dadar, kemudian ditambahkan kerupuk warna-warni dan acar. Sebenarnya aku lebih suka nasi goreng Surabaya atau nasi goreng sederhana, tapi jika nasi goreng kecap ini ditambahkan daging kambing maka rasanya uwaaahhhh mantap deh.

Aku pernah juga diajak berwisata nasi goreng di sebuah pusat perbelanjaan. Ada nasi goreng petai, nasi goreng ikan asin, nasi goreng terasi, nasi goreng seafood, nasi goreng kencur,dan sebagainya. wah ada banyak bukan kreasi nasi goreng.

Nasi goreng ini salah satu masakan Indonesia yang populer di luar negeri. Banyak ekspatriat yang jika kembali ke Indonesia merindukan nasi goreng. Para pelajar Indonesia di luar negeri kerap menularkan ilmu memasak nasi gorengnya ke teman-temannya yang berkebangsaan asing.

Seru kan kisah nasi goreng. Bagaimana kisah nasi gorengmu?


3 komentar: