Jumat, 17 Februari 2017

Merayakan Bulan Kasih Sayang dengan Donor Darah dan Santapan Lezat




Cobb salad dengan isian berwarna-warni di piring nampak menggugah selera. Setelah dibuka dengan sup tomat yang gurih nan segar, salad yang terdiri atas irisan alpukat, tomat, paprika, daging asap, dan daun selada membuat lidah berdecak, cocok sebagai santapan pembangkit selera. Indera pengecap pun kemudian satu-persatu menikmati beraneka hidangan yang tersaji di Cumi-Cumi Cafe, Aston Marina Jakarta. Kawan-kawan  dari komunitas Bloggercrony yang sebelumnya melakukan donor darah pun mendapatkan kembali energinya.

Salad umumnya disajikan sebagai hidangan penutup. Akan tetapi sebagai appetizer rasanya sah-sah saja karena rasanya yang dominan segar membuat nafsu makan bertambah. 


Cobb Salad ini disandingkan dengan Gado-Gado yang sama-sama kaya sayuran dan juga mengandung protein. Gado-gado dengan isian di antaranya berupa telur rebus, kacang panjang, tahu, tempe, jagung yang diguyur dengan saus kacang yang gurih nikmat.

Cobb Salad yang Segar

Gado-Gado sebagai wakil Indonesia

Sup Tomat yang unik

Sup Tomat yang membuka santap siang  pada Senin (13/2) ini berbeda dengan pada umumnya. Supnya kental dan memiliki tekstur yang sedikit kasar karena kulit kacang merahnya yang kaya mineral dan vitamin sengaja dibiarkan. Rasanya gurih, creammy, dan asam manis. 

Sambil menunggu hidangan berikutnya meluncur di meja, saya memperhatikan detail restoran yang berkonsep biru dan bawah laut ini. Memang kesannya seperti berada di bawah permukaan laut. Pengunjung disapa oleh aneka ikan yang menjadi hiasan dinding, pelapis kursi dan pilar-pilar. Juga ada bintang laut sebagai hiasan di meja. Kursinya, gelas, dinding dan langit-langit ruangan juga didominasi warna biru, memberikan kesan adem dan nyaman.

Oh ya Cumi-Cumi Cafe sedang menggelar program promo berupa diskon 20 persen untuk buffet makan siang dan makan malam apabila Kalian bermalam di Aston Marina Ancol. Tempat makan ini cocok sebagai tempat bersantap bersama keluarga atau sebagai tempat menghabiskan waktu bersama sahabat. Juga tersedia tempat untuk rapat atau menjamu rekan bisnis ataupun perayaan kecil-kecilan di ruangan VIP yang tertutup dan terpisah dengan ruangan lainnya. Kapasitas total Cumi-Cumi yaitu 200 kursi.


Ada hiasan kura-kura di pelapis tempat duduk, juga bintang laut

Seperti di bawah permukaan laut
Biru dan Ikan
Hidangan berat pun kemudian hadir. Ada Nasi Biryani, nasi putih dan mie goreng. Lho kok ada Nasi Biryani? Rupanya tamu hotel ini sebagian berasal dari Timur Tengah sehingga mereka mengakomodasinya dengan menyediakan menu Middle Eastern Corner. Nasi Biryani menggunakan beras yang berbulir panjang ramping. Nasi ini kaya rempah dan aromanya memikat. Tamu bisa memilih menu Middle-Eastern ala carte atau menu buffet.

Nasi Biryani kaya rempah

Sapo Tahu kaya sayuran

Dimsum Ikan Teri

Ikan Kakap Asam Manis 
Makanan pokok ini bersanding dengan beragam menu lainnya, seperti Dimsum Ikan teri yang lembut dan sedap. Ada juga Sapo Tahu, Kakap Asam Manis dan Iga Bakar Saus Lada Hitam. 

Hidangan makan siang ini memang kaya protein dan sayuran sehingga rasanya komplet, asam manis segar dan gurih. Yang paling juara dari hidangan tersebut menurut saya adalah Cobb Salad dan Iga Bakar Saus Lada Hitamnya. Masakan yang terakhir ini paling cepat ludes sehingga saya tidak sempat memotretnya. Iganya empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Tak salah apabila Iga Bakar Saus Lada Hitam menjadi menu unggulan selama merayakan bulan penuh kasih sayang. Tubuh dan lidah pun sesekali perlu santapan lezat yang kaya protein, mineral dan zat besi dari iga sapi. Selain Iga Bakar Saus Lada Hitam,  juga terdapat menu Oseng-Oseng Iga Cabai Hijau dan Iga Bakar Saus  Madu dengan harga Rp. 90.750 net per porsi. Sedangkan Sop Iga Sapi dapat dinikmati hanya dengan harga Rp. 84.700 net per porsi. 

Hidangan ini disiapkan oleh chef Abu Bakar dan co chef  Arya yang menyapa kami sebelum kemudian menyelesaikan tugasnya, menyajikan masakan lezat bagi kami dan tentunya dessert. 

Co Chef Arya dan Paundra Hanutama, Marketing Coomunication Manager Aston Marina

Chef Abu Bakar
Kami kembali mengobrol. Ada 15 blogger yang ikut serta dalam acara santap siang dan donor darah yang diadakan dalam rangka memeringati hari kasih sayang ini. 

Donor darah ini diselenggarakan dua kali dalam setahun dan akan dijadikan agenda tahunan dimana salah satunya diselenggarakan dalam rangka merayakan bulan valentine. Tahun ini merupakan tahun pertama penyelenggaraan donor darah, jelas Paundra Hanutama, Marketing Coomunication Manager Aston Marina

Mengapa donor darah dihelat pas valentine? Valentine bukan hanya memberikan kasih sayang kepada pasangan, tapi juga berbagi kasih kepada sesama. Donor darah merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama karena darah diperlukan bagi mereka yang sakit atau sedang melakukan operasi.  

Donor darah yang dihelat kali pertama di Aston Marina Jakarta
Donor darah bekerja sama dengan PMI ini bertemakan "You can save lives”. Kegiatan amal di diselenggarakan di Pasar Baroe Meeting Room, Aston Marina Jakarta sejak pukul 10.00. Pesertanya banyak, terdiri atas karyawan, tamu hotel dan Bloggercrony.

Kegiatan donor darah ini wujud empati dan dukungan Aston Marina Jakarta kepada PMI yang memiliki slogan “Setetes darah Anda, nyawa bagi sesama”. Ada target 100 kantung darah dari program ini. Para blogger sendiri sebagian lolos sebagai peserta. Lainnya termasuk saya gagal screening karena kualitas HB dan tekanan darah yang rendah. 

Selain kegiatan donor darah, juga ada kegiatan peduli lingkungan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2017 berupa gerakan Cleaning Day pada 21 Oktober 2017. Dalam gerakan tersebut para karyawan Aston Marina Jakarta akan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan hotel dan sekelilingnya.

Hidangan penutup kemudian disajikan. Berupa irisan buah-buahan seperti melon, semangka, pepaya dan kiwi yang kaya vitamin.  Selanjutnya cake yang terdiri atas Tiramisu dan Opera pun disajikan. Wah langsung jadi rebutan. Tiramisunya lembut dan creammy. Operanya memiliki rasa dan aroma cokelat yang pekat dan nikmat. Wah makan siang yang menyenangkan.

Pencuci mulut yang segar

Tiramisu yang lembut dan nikmat
Cumi-Cumi Cafe ini salah satu dari empat tempat makan yang ada di Aston Marina yang didirikan tahun 2003. Ketiga tempat makan lainnya adalah Sky Bridge, Cium-Cium Lounge & Bar dan Cicip Cicip Deli & Bakery dan 33 Degrees Sky Bridge. Tempat makan di lantai 33 atau 33 Degrees Sky Bridge ini menjadi favorit untuk santap malam romantis dengan pilihan panorama kota atau panorama lautan. Perayaan valentine 14 Februari lalu juga diadakan di sini dengan paket Rp 500rb per pasang untuk aneka pilihan salad, sup, main course, dan dessert. 

Cium Cium Lounge & Bar ini menyediakan aneka racikan minuman yang unik dan nikmat. Ada coctail, mocktail dan aneka kopi dari kopi hitam hingga cappuccino yang lembut.  Sedangkan Cicip Cicip Deli & Bakery lebih ke aneka hidangan penutup seperti pie, sweat bread dan aneka cake seperti Exotige, Praline Cake, Oreo Mille, Smoked White Coffee Chocolate, Avocado Cheesecake.

Di Cumi-Cumi selain hidangan nusantara, arabian dan mancanegara juga tersedia menu pizza, burger, dan pasta. Untuk minumannya juga terdapat aneka jus dan milkshake.

Berkeliling Hotel Aston Marina Ancol, Jakarta
Setelah donor darah, santap siang dan sebelum berkeliling Alive Museum di Ancol, kami pun melihat-lihat fasilitas hotel Aston Marina Jakarta atau yang juga dikenal dengan Aston Marina Ancol dari kamar, tempat berenang, dan kebun mini yang biasa digunakan untuk acara pernikahan.

Tempat yang sejuk dan hijau biasa digunakan untuk pesta

Ada beberapa tipe kamar yang tersedia di Aston Marina Ancol, yaitu one bedroom hingga three bedroom dengan kelas superior dan deluxe. Total ada 356 kamar. Kami diantar Pak Paundra berkeliling ke kamar 2 bedroom deluxe dan 2 bedroom superior. Fasilitasnya mirip tapi kualitasnya beda, deluxe lebih bagus dan lebih nyaman. Di dalam kamar tersebut terdapat kamar tidur utama, kamar tidur dengan dua single bed, dua kamar mandi, salah satunya dengan bath tub, dapur, dan tempat duduk menonton teve. Hemmm nyaman, terasa seperti di rumah.
Tempat tidur utama di 2-bedroom superior
Tempat tidur utama di 2-bedroom deluxe
Penginapan ini memiliki desain seperti apartemen sehingga tamu bisa memasak di dapur yang tersedia dan bersantai di living room, sehingga hotel ini banyak disukai keluarga dan teman-teman yang ingin menghabiskan waktu di kawasan Ancol, Jakarta. Lokasinya juga strategis, dekat dengan bandara Soekarno Hatta dan mudah dijangkau transportasi umum yaitu Trans Jakarta dan KRL. 

Kitchen Set di 2-bedroom superior
bath tub di 2-bedroom deluxe
Selain kamar yang nyaman, fasilitas bagi yang menginap berupa WIFI cuma-cuma di area penginapan, fasilitas antar jemput dengan tujuan Ancol dan Mangga Dua, juga ada fasilitas gym dan kolam renang. 

Tarif kamar sendiri mulai dari Rp 1,2 juta dimana pengunjung bisa memilih panorama laut atau pemandangan kota. Kalau saya sih sepertinya lebih memilih panorama laut karena khas Ancol banget.

Kolam Renang yang Luas

Ademnya

Pemandangan dari lantai 33
Yang saya sukai dari penginapan ini adalah ruangannya yang didesain nyaman dan tebaran lukisan. Lukisan terdapat di koridor, lobi, kamar dan juga ada ruangan di dekat Sky Bridge yang kental dengan suasana artistik dimana terdapat banyak foto dan sudut yang menarik.

Lukisan di lobi

Lukisan di koridor

Koleksi foto di lantai 33
Aston Marina Jakarta telah berdiri sejak tahun 2008 di bawah naungan Archipelago International. 
Oh ya apa sih Archipelago Hotel itu? Archipelago International merupakan salah satu jaringan hotel terkemuka dengan 110 hotel dan 15 ribu kamar. Hotel yang bergabung dari apartemen, hotel budget hingga hotel berbintang lima. Di Indonesia jaringannya terdiri dari Fave Hotel, Aston, Quest dan NEO. 

Usai berkeliling hotel waktunya foto-foto seru di Museum Alive Ancol. Ada diskon tiket masuk Alive Museum  menjadi Rp 70 ribu jika membeli di Aston Marina Jakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar