Minggu, 18 September 2016

Taiyaki Kue Jepang Berbentuk Ikan



Di manga Topeng Kaca si Maya Kitajima suka menyantap kue berbentuk ikan sambil menunggu pertunjukan rivalnya usai. Wah kue kayak ikan itu rasanya seperti apa ya? Saya bertanya-tanya. Kemudian mimpi itu menghampiri dalam rupa Taiyaki. Ya, nama kue itu taiyaki dan saya menyantapnya di sebuah festival street food setahun silam.


Rasanya bisa dibilang mirip dengan panekuk ataupun dorayaki. Bahannya memang mirip, ada terigu, telur, gula dan ragi. Yang membuat kue ini bikin penasaran adalah bentuknya yang lucu, berbentuk ikan utuh dan ukurannya cukup besar, panjangnya sekitar 20 cm.

Taiyaki ini sejenis imagawayaki, tapi dicetak dalam bentuk ikan. Konon ikan tai ini ikan yang prestis di Jepang dan mahal. Ikan ini juga melambangkan kemakmuran.

Isian taiyaki ini beragam, ada rasa kacang merah alias ogura, ada matcha atau teh hijau, mocca, cokelat juga ada rasa yang gurih seperti keju dan bolognaise chicken.




Waktu itu saya memesan rasa matcha. Sebenarnya sih kuenya lumayan enak cuma makannya agak susah karena filling-nya agak cair sehingga makanpun jadi belepotan kayak anak kecil hihihi.

Yang penting sudah tidak penasaran lagi dengan kue ikan-ikanan ini. Eh gak ding saya masih ingin mencicipi yang rasa ogura.

Oh ya di Korea juga ada kue ikan yang mirip. Namanya Bungeoppang. Isiannya juga umumnya kacang merah tapi kini juga semakin beragam.

Gambar beberapa sudah pernah saya tampilkan di kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar