Sabtu, 20 Agustus 2016

Serabi Solo Isi Keju


Saat berlibur ke Surakarta tak lengkap jika tak membeli oleh-oleh berupa serabi. Kue ini memang enak disantap langsung atau dimakan dengan saus santan dan gula merah. Nah, baru-baru ini saya menyantap serabi keju yang gurih dan creamy.

Serabi termasuk jajanan yang menggunakan bahan dasar sederhana. Bahan utamanya hanya tepung beras dan santan juga pengembang. Ada yang menggunakan baking powder juga ada yang menggunakan ragi instan. Kalau jaman dulu ada yang menggunakan ragi dari tape singkong.

Cara memasak serabi adalah memasaknya di atas anglo dengan arang, tapi sekarang sih ada juga yang memasaknya di atas kompor biasa. Proses mematangnya juga harus pas agar tidak gosong.

Permukaan serabi umumnya polos. Saat ini banyak modifikasi dengan menaburinya dengan misis, keju, pisang, nangka, kornet dan sebagainya, ada pula yang menambahkan bubuk cokelat dalam adonannya.

Rasa serabi gurih dan harum ketika matang. Serabi ini bisa dihidangkan dengan bentuknya yang membulat atau digulung dengan daun pisang.

Saat ini saya sarapan dengan serabi gulung isi keju. Hemmm kejunya membuat rasa serabi makin gurih. Teksturnya lembut dan serasa meleleh ketika bersentuhan dengan lidah. Rasanya puas bersarapan dengan dua buah serabi keju.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar