Jumat, 12 Februari 2016

Segudang Santapan Lezat dari Apel



Apa yang terbayang di benakmu mendengar kata apel? Apakah kota Batu yang memiliki ikon apel atau aneka santapan lezat dari apel yang diproduksi Batu dan kota Malang?

Sejak dulu Malang terkenal sebagai kota apel. Batu dulu masuk kabupaten Malang sebelum berdiri sendiri sebagai kota administratif. Selain Batu, daerah penghasil apel di Kabupaten Malang adalah Poncokusumo.

Ikon Batu Berupa Monumen Apel di Alun-alun Batu
Apel dulu buah yang beken dan berkesan elegan. Ya sekarang apel Malang kalah populer dengan apel impor yang merah menarik dan berasa krenyes-krenyes manis.

Apel Impor

Apel Rome Beauty dari Kebun Warga Batu

Wisata Petik Apel yang Menyenangkan
 Kalau saya lebih suka apel Malang. Bukan karena mentang-mentang dari kota Malang maka membela apel produksinya. Akan tetapi apel Malang ini enak dan punya kelebihan tersendiri.

Ada tiga jenis apel yang biasa ditanam di Batu dan Poncokusumo. Ada si hijau malu-malu bernama manalagi yang bertekstur manis dan sedikit keras. Ada si kuning apel Anna dan ada apel rome beauty yang hijau kemerahan. Apel rome beauty ini berair dan asam manis segar. Saya paling suka jenis terakhir dimana kadang-kadang saya gosok dengan kain hingga mengkilap.

Apel-apel ini enak disantap langsung. Jika ingin memetiknya langsung Anda bisa berkunjung ke Agrowisata Batu. Selain wisaya petik apel, pengunjung juga mendapat segelas sari apel. Sebagian petani apel di Batu juga membuka lebar kebun apelnya bagi pengunjung. Dan kesan yang didapatkan bakal lebih seru dan menambah wawasan karena bisa berdiskusi langsung dengan para petani yang sehari-harinya merawat dan memanen apel.

Jus Apel Asam Manis Segar
 Dengan hasil panen apel yang berlimpah maka produsen makanan tanggap dan jeli melihat peluang tersebut. Apel jika dibiarkan lama tak terjual tentu busuk dan tiada harganya. Untuk itu sebagian hasil panen apel perlu diolah untuk meningkatkan nilainya.

Yang paling terkenal dari olahan apel adalah sari apel. Minuman ini segar dan berasa asam manis khas apel. Wanginya yang segar bisa mengubah suasana hati yang buruk menjadi ceria. Kini banyak Arema yang mengubah minuman air mineral kemasan bagi tamu dengan kemasan sari apel. Sari apel juga menjadi oleh-oleh khas Malang dan Batu yang populer.
Keripik Apel Renyah
Produk apel terpopuler kedua adalah keripik apel. Keripik apel termasuk keripik buah-buahan khas Malang yang banyak dicari selain keripik nangkanya. Keripik apel berasal dari potongan apel yang divakum sehingga rasanya renyah dan rasa apelnya kuat tanpa tambahan. Jika kualitas kripik apelnya kurang bagus biasanya teksturnya agak liat dan sedikit pahit.

Apalagi ya yang beken-beken dari apel? Oh iya ada cuka apel yang konon baik bagi kesehatan. Sesendok cuka apel dilarutkan dalam segelas air dipercaya dapat menjaga kesehatan karena mengandung vitamin C dan antioksidan.

Bakpia Apel dan Dodol Apel
 Kini setelah Malang menjadi obyek wisata terkenal, apel pun makin dikreasikan. Di toko oleh-oleh ada banyak penganan enak menambahkan unsur apel baik sebagai bahan utama maupun sebagai campuran.


Wingko Apel
Permen Apel dan Cokelat Apel

Ada wingko apel dengan tambahan keharuman dan rasa apel, ada carang mas apel dimana ubi jalar digantikan dengan apel, ada juga cokelat apel perpaduan cokelat dan apel, ada pula dodol apel yang kenyal, asam manis dan sedikit lengket. Ada juga permen beraroma apel juga bakpia apel.

Masih ada lagi? Ya beberapa waktu lalu oleh-oleh dari apel yakni strudel apel dan pai apel hangat dibicarakan. Rasanya sih lumayan enak dengan harga yang sedikit mahal.

Strudel Apel
  Sepertinya kreasi apel akan terus bertambah. Saya sebagai pecinta apel tentu akan menyambut hangat setiap penganan lezat dari apel. 

2 komentar:

  1. Wah membaca tulisan ini jadi bikin akyu tambah kangen ke Malang kota akyuuuh, kota Indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo-ayo bikin agenda pulang kampung. Salam kenal Indah dan terima kasih sudah mampir ke blog ini.

      Hapus