Kamis, 18 Februari 2016

Lezatnya Ikan Dori Dabu-Dabu dan Choux Paste



Cuaca hujan begini rasanya perut jadi mudah lapar. Ingin masak sendiri tapi was-was lama dan keburu lapar. Bagaimana bila memasak ikan dori dabu-dabu dan sebagai penutupnya kue sus, pasti perut dan lidah bak dimanja. Jangan kuatir waktu pembuatannya tidak begitu lama.

Pada acara kelas memasak yang diadakan oleh Gourmet House Cooking Club saya mendapat wawasan cara membuat kue sus atau yang memiliki nama keren Choux Paste dan ikan dori goreng dabu-dabu alias Seared Dorry Fish with Dabu-Dabu Style. Untuk kelas memasak kali ini sengaja dipilih resep yang sederhana, praktis, dan bisa diperagakan oleh mereka yang baru belajar memasak.



Nah pelajaran pertama diberikan oleh Chef Antini. Choux Paste bisa berupa kue sus biasa atau eclair. Prosesnya dipanggang. Bahannya mudah, hanya telur, terigu, mentega, susu cair, gula, dan sedikit garam. Setelah susu dipanaskan, menyusul mentega maka kemudian gula masuk berikut terigu lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya diaduk lagi lewat bantuan mixer, baru ditambahkan telur hingga teksturnya pas dan siap dibentuk dengan bantuan plastik segitiga.


Kue sus ala Chef Antini ini lembut dan harum. Krim isiannya enak banget. Saya jadi tertarik untuk membuatnya. Kue sus ini tanpa emulsier atau bahan pengembang, tapi bisa merekah berkat gula kastor dan cara pengadukan yang tepat.

Pelajaran kedua yakni Seared Dorry Fish with Dabu-Dabu Style oleh Chef Dino Kamarullah. Chef asal Ternate ini memadukan masakan tradisional dan western atau masakan fusion. Ia memilih ikan dori yang mudah dijumpai di supermarket dan tidak mahal. Ikan ini bisa juga diganti dengan gindara, salmon, dan ikan favorit lainnya.



Oleh karena dimasak ala western, maka memasaknya jauh lebih mudah. Bumbunya juga sederhana. Hanya perlu lada, garam, bubuk kaldu ayam, dan jeruk nipis/jeruk lemon. Setelah diberi campuran bumbu tersebut, maka ikan didiamkan dalam lemari pendingin selama sekitar 10 menit.

Sedangkan untuk dabu-dabu, yang dipersiapkan adalah tomat merah/tomat hijau, cabe rawit, kemangi, jeruk nipis/lemon, gula dan sedikit garam serta bawang merah dan bawang putih.Semuanya diaduk setelah dipotong-potong kemudian diberi minyak salad yang telah dipanaskan.

Dabu-dabu ini kemudian dituangkan ke ikan dabu-dabu yang telah digoreng bersama mentega. Hemmmm harumnya itu lho. Rasanya ringan tapi enak banget.

2 komentar:

  1. Wah asyiknyaa baru tahu mba Puspa punya blog khusus kuliner. Hehhee. Mbaa, aku kehilangan poto-poto pas sesi cooking class. Makanya nggak aku lampirkan di blog. Untung sebagian masih aman. Hikss

    BalasHapus
  2. Wah sayang juga fotonya hilang. Aku ada beberapa foto mba Alida lagi fokus belajar masak, bisa ambil ke aku. Ini sengaja buat blog baru tentang kuliner soalnya materinya banyak.

    BalasHapus