Es Krim Baltic Terjangkau dan Varian Banyak


Hari Minggu mendekati pukul 14.00, hawa terasa gerah dan panas matahari terasa menyengat. Aku yang berjalan kaki dari Museum M.H. Thamrin menuju Museum Sumpah Pemuda dan hendak menuju Museum Kebangkitan Nasional, merasa kepayahan. Akhirnya aku mencari lokasi Es Krim Baltic atau Baltic Ice Cream. Aku agak lupa tempatnya. Akhirnya ketemu juga, lokasinya hampir di ujung Kramat, mendekati penyeberangan. 

Aku sudah lama tak menyantap es krim ini. Aku sudah lupa dengan rasanya. Di dalam kedai es krim ini ada tempat duduk, meja dan bangku yang ditata nyaman, sehingga pembeli bisa menyantap es krim di sini. Juga disediakan galon berisi air yang bisa diambil oleh pengunjung. 

Saat itu pengunjung tak terlalu ramai. Tapi di depanku ada pengunjung yang membeli banyak es krim sehingga aku harus sabar menunggu. Pelayan saat itu hanya satu orang. 

Sambil menunggu, aku memerhatikan varian es krim. Di jalan Kramat no 10 ini tersedia beraneka jenis es krim dari model stick hingga cup dan wadah yang agak besar. Untuk model tart, harus pesan terlebih dahulu. Harga untuk stick sekitar Rp7.000, - dan Rp7.500, -. Sedangkan yang cup antara Rp8.000, - dan Rp9.000, -  

Varian es krimnya banyak sehingga membuatku bingung. Tapi yang paling beken dan paling banyak peminatnya adalah varian kopyor dan kacang merah. Oke aku beli dua varian itu. Lainnya aku beli rasa mocca, alpukat cokelat, cokelat strawberry kopyor, dan masih banyak lagi. 

Varian lainnya yang bisa dibeli ada cokelat, strawberry, kacang hijau, ketan hitam, durian, jeruk, rum raisin, blueberry, fruit mix, nougat, green tea, choco chip, peppermint, vanilla oreo, dan masih banyak lagi. 



Karena kegerahan berjalan kaki di hawa yang terik, rasanya aku menemukan oase berlindung di kedai es krim Baltic sambil menyantap es krim alpukat dan es krim strawberry-cokelat-kopyor. Rehat dulu sebelum lanjut berjalan kaki menuju Museum Kebangkitan Nasional. 

Oh iya di sini juga ada toilet di loteng yang bisa digunakan oleh pengunjung. Letak toiletnya bisa diakses di tangga bagian luar. Toiletnya bersih. 

Ketika wadah cup kubuka, penampilan es krimnya sederhana. Dari segi kemasan untuk yang cup juga nampak biasa. Masih mendingan kemasan stick yang agak mengkilap sehingga nampak lebih wah. 

Es krim alpukatnya lembut. Hanya rasa alpukatnya kurang terasa. Es krim cokelatnya sedap. Rasa dan aroma cokelatnya benar-benar terasa, ada nuansa pahit dan manisnya. Enak. Wah sayang aku nggak banyak beli rasa cokelat. 

Rasa kopyornya memang manis dan segar. Strawberry-nya asam manis segar. Rasa mocca-nya agak tajam. Dan, yang paling juara adalah rasa kacang merahnya. Aku tersentuh dan tertegun ketika menyantapnya. Rasa manis, creamy, dan tekstur kacang merahnya semuanya selaras. Enak banget. 

Oh iya varian cokelat alpukat bisa jadi rekomendasi. Perpaduan rasa cokelat yang tegas dengan rasa alpukat yang lembut. 

Kalau ke sini lagi aku ingin membeli banyak rasa kacang merah. Kedua adalah rasa cokelat dan kopyor. Varian lainnya juga ingin kucobai. 

Eh mereka juga melayani jasa antar. Di platform toko online mereka juga ada. Kalau mau beli es krim tart juga bisa hanya untuk jenis tart harus pesan beberapa hari sebelumnya. 

Tak banyak cerita tentang es krim ini meski sudah lahir sejak tahun 1939. Siapa pemilik es krim ini dan riwayatnya tak banyak kutemui. Informasi yang ada hanya bahan es krim ini terutama susu dan tak menggunakan pengawet sehingga rasa es krimnya lembut dan tidak mengganjal di tenggorokan. Menurutku es krim ini masuk es krim legendaris di Jakarta, seperti es krim Ragusa dan es krim Tjanang 

Komentar

Postingan Populer