Iwak Pindang dan Ikan Cue


Dulu nenekku gemar menyimpan ikan pindang. Ikan itu sebagian dimasak untuk disantap dan lainnya untuk jatah makan para kucingnya. Dulu kucing nenek begitu banyak sampai ia menyetok ikan tersebut buat mereka. Ketika pindah ke Jakarta aku baru tahu nama iwak pindang berubah menjadi ikan cue. 

Bersama nasi hangat, sambal, kerupuk, dan sayur, menyantap ikan pindang terasa gurih dan sedap. Aku suka menyantap ikan pindang goreng apalagi ketika masih segar. Biasanya ikan yang dipindang itu tongkol, selar, lemuru, layar, bawal, tuna, cucut, dan kembung.

Iwak pindang alias ikan cue ini tak hanya enak digoreng. Ia bisa diolah menjadi ikan bumbu kecap pedas manis, ikan balado, ikan dengan santan dan cabe ijo, dan masih banyak lagi. Oleh karena ia dikukus dan diberi garam dalam proses pemindangannya maka tidak perlu diberi garam lagi atau sedikit saja. 

Ikan cue ini salah satu hasil produk pengawetan ikan dengan cara tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini. Kalian juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah. 

Gambardari kotakikan.blogspot


Komentar

Postingan Populer