Olahan-olahan Pisang, Juga Enak Dipanggang Sebentar


Buah pisang itu adalah buah yang menarik. Harganya tidak begitu mahal dan rasanya enak. Ada rasa manisnya, sedikit asamnya, juga aroma yang khas. Ia memiliki beragam varian. Di Indonesia dikenal berbagai jenis pisang. Ada pisang tanduk, pisang nangka, pisang raja, pisang ambon, pisang susu, pisang batu, pisang hijau, pisang cavendish,

Selain nikmat, ia juga mudah diolah menjadi apa saja. Bisa menjadi kolak pisang, puding pisang, cake pisang, pisang goreng, pisang bakar, sale pisang, keripik pisang, dan beragam jenis kue lainnya. Tiap jenis kue bisa jadi menggunakan jenis pisang yang berbeda. Ada beberapa jenis pisang yang hanya bisa digunakan untuk jenis olahan tertentu. Seperti pisang ambon lebih cocok disantap biasa, tidak cocok untuk digoreng atau dibuat kolak. Pisang batu cocoknya untuk bahan pengental bumbu rujak, dan sebagainya.

Salah satu olahan pisang yang enak dan sederhana adalah pisang goreng dan pisang bakar. Bahan pisangnya enaknya yang manis dan matang. Waktu itu aku menjumpainya di sebuah festival makanan.



Pisangnya hanya dibakar. Tidak ada unsur tambahan lainnya. Hanya pisang yang matang dan manis lalu dibakar atau digoreng dengan minyak sedikit. Tapi rasanya sungguh istimewa. Sungguh lembut, seperti meleleh di lidah. Manis dan lembut.

Oh iya pisang membuat mood menjadi bagus. Hal ini dikarenakan ada hormon serotonin di dalam pisang. Nah, jika Kalian sedang bete coba mencamil pisang, siapa tahu nuansa hati Kalian berubah jadi baik.

Komentar

Postingan Populer