Sabtu, 28 Juli 2018

Makanan Sehat untuk Investasi Usia Senja


Aku akhir-akhir ini merasa tidak puas dengan kondisi diriku. Makanan yang kusantap akhir-akhir ini kurang asupan sayuran dan buah-buahan. Aku juga sering menunda-nunda waktu makan dan jarang berolah raga. Ah itulah sepertinya penyebab aku kelihatan lesu lelah dan menua.


Makanan itu membentuk manusia tersebut. Aku sudah sering mendengar ungkapan tersebut. Menurutku memang benar. Jika makanannya sehat maka usia manusia tersebut kemungkinan lebih lama akan semakin besar. Ia juga akan terus sehat hingga usianya semakin senja.

Ya, bayanganku sebagai seorang Puspa tua adalah seorang nenek yang tetap lincah dan penuh semangat. Ia akan tetap menjalani hari-hari dengan penuh keceriaan dan antusiasme.

Untuk itu aku jangan hanya melamun dan menyesali akan kondisi tubuhku saat ini. Aku harus bergerak dan mengubah diriku. Detik ini juga. Ayolah jangan malas makan sayur, buah-buahan dan susu.

Sebenarnya ada banyak ide tentang makanan yang menggunakan sayur dan buah yang sedap untuk dimasak. Sehingga kesan makanan sehat itu tidak enak bakal terkikis punah.

Salah satunya adalah gado-gado. Gado-gado itu sedap dengan isian aneka sayuran seperti kentang, tomat, kol, sla, dan juga tambahan telur rebus. Kemudian disiram bumbu kacang nikmat.


Ada juga salad buah yang sedap. Buah juga bisa dibuat rujak buah atau jus dan smoothie.

Sayuran sendiri bisa dibuat seperti sop, ditumis, dibuat rujak, pecel dan sebagainya. Jadi ada banyak sajian lezat dan murah berbahan sayuran.

Yuk mulai perbanyak santap serat dari buah dan sayuran. Agar saat usia senja tidak mudah sakit-sakitan dan tetap bersemangat dalam keseharian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar