Minggu, 26 Agustus 2018

Nasi Goreng Gila, Nasgor Sedap Ala Menteng


Harum bawang putih dan bawang merah yang ditumis menggugah selera. Kemudian ditambahkan bumbu halus cabai merah dan bumbu rahasia dari si penjual, sebelum kemudian sepiring nasi dimasukkan dan diaduk dengan bumbu hingga merata. Wow harumnya semerbak. Membuatku yang tak berniat membeli pun kemudian bergegas mengambil piring dan melesat membuka pagar rumah. Aku pun ikutan mengantri membeli nasi goreng yang didagangkan penjual nasi goreng keliling.

Omong-omong tentang nasi goreng, aku yakin hampir semua dari Kalian pernah mencicipinya. Menurutku nasi goreng itu makanan yang mudah disajikan dan memiliki rasa yang sedap. Nasi goreng paling enak disantapnya saat pagi hari pada waktu sarapan ataupun pada malam hari.

Meski nasi goreng itu secara harfiah merujuk pada nasi yang digoreng, bumbu dan rasanya bisa jadi berbeda satu sama lain. Beda kota juga biasanya beda kekhasan nasi gorengnya.

Surabaya, misalnya, terkenal dengan nasi goreng merahnya. Lain halnya dengan Solo dan Yogyakarta yang beken dengan nasi goreng dengan menggunakan bahan bakar arang. Oh ya Jakarta juga punya lho nasi goreng yang tak kalah beken dan tak kalah sedap. Salah satunya adalah Nasi Goreng Menteng.

Nasi goreng Jakarta memang beda dengan nasi goreng yang biasa kusantap saat di Malang. Kalau di Malang biasanya bumbunya adalah tomat dan cabe merah, selain duo bawang. Sedangkan di Jakarta digunakanlah kecap hitam manis. Awalnya aku merasa aneh tapi lama-kelamaan aku juga menyukainya. Sekarang jika dimintai mana yang kusukai, aku jadi bingung. Dua-duanya sedap dan nikmat.

Ada cerita tentang Nasi gGreng Menteng. Seperti namanya kawasan Menteng yang terletak tak jauh dari Cikini dan Gambir dan masuk bilangan Jakarta Pusat inilah yang membesarkan nama dari nasi goreng ini. Gara-gara nasi gorengnya enak dan sedap di kawasan ini maka jadilah disebut nasi goreng Menteng. Nama lain dari nasi goreng Menteng adalah Nasi Goreng Gila. Kenapa bisa begitu ya?

Nasi Goreng Menteng punya racikan yang khas. Seperti nasi goreng pada umumnya, ia juga akrab dengan duo bawang, bawang putih dan bawang merah. Ia juga berteman dengan cabai merah dan garam. Seperti nasi goreng Jakarta pada umumnya ia juga menggunakan kecap hitam manis. Lho lantas apa kekhasannya? Itu lho isiannya.

Nasi Goreng Menteng alias Nasi Goreng Gila erat kaitannya dengan nasi goreng yang punya isian beragam. Di dalam seporsi nasi goreng tidak hanya ada telur, tapi juga suwiran daging ayam, potongan bakso sapi, sosis juga sayuran. Ia dihidangkan dengan irisan tomat dan acar plus kerupuk.
Semakin pedas biasanya semakin digilai, itulah yang menyebabkan Nasi Goreng Gila ini lebih suka disajikan pedas. Asal yang memakannya tak gila beneran, sih oke-oke saja.

Konon cabe itu obat nafsu makan terbaik. Dan memang Nasi Goreng Menteng alias Nasi Goreng Gila ini bikin nagih. Kombinasi rasa pedas dan isian yang beragam benar-benar menggugah selera. Rasanya tak bakal bisa tenang jika nasi goreng di piring belum habis. Patut dihabiskan meskipun pengorbanannya minum bergelas-gelas. Tapi jika memang tak suka pedas atau perut tak bisa kompromi dengan cabe maka bisa memesan yang tak pedas.

Belum pernah mencobanya? Seperti pepatah tak kenal maka tak sayang maka Kalian harus mencobanya dulu baru bisa memutuskan menyukainya atau memilih tak membelinya lagi. Setiap mencobanya, Kalian harus bertekad untuk menghabiskannya. Jika merasa tak habis karena porsi yang besar maka bisa disantap berdua.

Berani menyantap Nasi Goreng Gila?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar