Minggu, 05 Agustus 2018

Makanan-Makanan Lezat dalam Cerita


Aku suka dongeng tentang makanan. Dongeng dengan topik utama makanan bikin lapar ketika membayangkannya. Dalam buku berjudul Kumpulan Dongeng Terlezat Sedunia, pembaca diberi bonus ilustrasi makanan dan minuman yang lezat.

Dongeng-dongeng ini mungkin sebelumnya pernah Kalian dengar. Ada dongeng tentang hujan bola daging, cerita tentang roti asam, ada juga kisah donat Spanyol, gelato Italia yang sejak dulu terkenal, permen cokelat karamel, kaviar terlezat, istana onde-onde, sate ayam yang lezat dan masih banyak lagi. Apakah Kalian sudah lapar? Yuk kita urai beberapa kisah dongeng tersebut.

Dulu aku pernah membaca sebuah film berjudul hujan bola daging. Kisah ini memang terkenal. Latar kisahnya di desa bernama Pietra Apertosa. Awanlah yang memberi penduduk desa ini hujan bola daging sebagai ucapan terima kasih karena menyelamatkannya.


Suatu ketika awan memang diculik. Ia diculik gadis aneh bernama Turchina dengan sedotan ajaibnya. Kemudian pengembala kambing bernama Beppo menyiasatinya untuk membebaskan awan-awan tersebut. Setiap ulang tahun desa awan pun berterima kasih dengan memberikan bola daging yang sedap. Hahaha ceritanya menarik, bukan?!

Yuk kita bahas cerita tentang Selusin Mangkok Roti Asam. Ini adalah kisah tentang gadis cerdik yang rajin bekerja tapi mudah kelelahan. Ia suka mengeluh saat diminta mencuci piring, tapi ia tak berkutik jika diminta membantu membuat adonan roti asam karena ia menyukainya. Roti yang agak keras dan berasa agak asam ini enak sekali menjadi teman untuk bersantap sup. Ia terbuat dari tepung gandum hitam dan ragi alami. Roti asam ini menjadi makanan sehari-hari warga Swedia masa lampau.

Gadis bernama Bitte Gronhhagen ini pun kemudian ide membuat mangkok dari roti asam agar ia tak perlu mencuci perkakas makanan yang banyak pada saat menjamu paman dan saudara-saudaranya. Ia mengeruk bagian dalam roti sehingga seperti mangkok dan menuangkan sup daging ke dalamnya.

Sup daging itu sangatlah lezat. Asyiknya setelah sup ludes, maka mangkoknya bisa disantap. Sedapppp!!!

Mau cerita lain lagi? Kali ini ceritanya tentang gelato seratus rasa di kota Gelaterias. Gelato ini enak sekali, lebih kental dan padat daripada es krim. Sayangnya saat musim panas yang buruk gelato pun mencair. Apa yang harus dilakukan warga agar gelato mereka kembali hidup?


Masih banyak dongeng-dongeng lainnya yang bikin lapar. Aku suka akan buku ini. Kalian bisa membelinya untuk koleksi pribadi atau dihadiahkan ke kawan dan keponakan Kalian. Siapa tahu mereka akan jadi suka memasak dan tertarik dengan makanan.

Detail Buku:
Judul: Kumpulan Dongeng Terlezat Sedunia
Penulis: Ernita Dietjeria
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Genre : Dongeng bergambar
Skor : 8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar