Jumat, 15 Desember 2017

Sirup Markisa Oleh-oleh Sulawesi Selatan


Sulawesi Selatan dikenal sebagai negeri bahari. Ada banyak kekayaan laut di daerah ini sehingga ada sejumlah makanan laut yang terkenal. Otak-otak ikan menjadi salah satu buah tangan yang sering dibawa wisatawan. Namun, selain kaya akan olahan ikan laut, Sulawesi Selatan juga dikenal sebagai provinsi penghasil buah markisa. Buah markisanya terkenal memiliki kualitas asam manis yang pas sehingga lezat dibuat minuman.



Sejak dulu aku mengenal Sulawesi Selatan sebagai provinsi yang terkenal akan markisanya. Jika ada kawan atau saudara berkunjung ke Makassar dan sekitarnya, aku ingin menitip buah tangan sirup markisa. Buah markisa ini asam manisnya sedap dana tentunya kaya akan vitam C dan zat antioksidan.

Dulu di rumahku pernah memiliki pohon markisa. Wah senangnya aku bisa puas membuat minuman markisa. Jenis buah markisanya itu seperti labu siam, tidak kuning dan kecil. Oleh nenek daging buahnya kemudian dibuat manisan, rasanya seperti manisan pepaya. Sedangkan bijihnya dibuat minuman. Uenaaak apalagi jika disajikan dingin pada hawa yang panas.

Hingga kini Sulawesi Selatan masih beken dengan sirup markisanya. Kalian apabila maen ke Makassar jangan lupa bawa buah tangan sirup markisa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar