Selasa, 19 September 2017

Ketoprak Laris Manis Sepanjang Hari di Kalisari


Makan ketoprak malam hari? Hah apa enaknya ya? pikirku. Tapi ketoprak itu memang tak beda jauh dengan tahu lontong di Jawa Timur sih, jadi rasanya cocok-cocok saja bersantap ketoprak pada malam hari.

Aku mengenal ketoprak ketika masih bekerja di kawasan Cempaka Putih. Dulu jika tidak bawa bekal makan siang ya makan siang membeli di sekitar kantor, kadang cari makanan di Pasar Cempaka Putih, kadang harus pergi agak jauh jika si Ovi mengajak makan soto betawi.

Ketoprak itu menurutku tidak beda jauh dengan tahu lontong. Utamanya ada tahu goreng, lontong, tauge, kerupuk, dan kemudian diguyur dengan bumbu kacang kental yang sedap. Bumbu kacangnya ini yang menentukan enak tidaknya sih ketoprak.

Dulu jika puyeng menentukan pilihan makan, larinya beli ketoprak. Harganya enam ribuan dan kenyang banget deh makan ketoprak.

Ketika pindah ke Jakarta Timur, aku heran warung yang menjual ketoprak itu ramai banget sampai malam hari. Bahkan saat puasa jelang tengah malam pun warung ketoprak itu masih laris-manis. Antriannya begitu panjang. Pernah gara-gara penasaran aku pun menanyakan antriannya. Waduh ada enam orang dan tiap orang memesan 4-5 bungkus.

Membuat ketopraknya pun satu-persatu, bumbu bawang putih, bawang merah, cabe, diulek terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan kacang goreng. Jadinya lama dan harus sabar mengantri.
Namun, rasa penasaran kami tetap tinggi. Akhirnya kami pun mencobanya. Dan ternyata memang lezat. Bumbu kacangnya itu tidak pelit dan bikin gurih.

Mereka membuatnya dalam porsi besar dan rasanya tak berhenti memasak, membuat lontong, kemudian membersihkan kacang dan menggorengnya.

Tempatnya sih tidak besar dan sangat sederhana. Pengunjung menunggu di bangku panjang dan kursi plastik. Jika kursi habis ya harus berdiri. Jarang sih yang makan di tempat, rata-rata membeli untuk dibawa pulang.

Harganya sendiri lumayan sih. Satu bungkusnya Rp 12 ribu dan jika memilih porsi istimewa dengan tambahan telur maka harganya menjadi Rp 16 ribu.


Jika penasaran dan kebetulan lewat di Kalisari, Jaktim (belakang Cijantung), maka Kalian bisa mampir di warung ketoprak itu di Jalan Kalisari Raya, dekat Kelurahan Kalisari. Jangan lupa tambahkan ekstra sabar untuk mengantri ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar