Senin, 18 September 2017

6 Cara Cerdas Menggunakan Kamera Mirrorless saat Wisata Kuliner


Varian kamera kini semakin bermacam-macam jenisnya lho. Di antara sekian banyak jenis kamera, hingga saat ini kamera mirrorless masih menjadi primadona. Kemampuan fotografi yang apik pada kamera ini berpadu dengan desain yang tipis dan ringan. Aktivitas traveling atau wisata kuliner pun jadi makin praktis bila kita menggunakan kamera mirrorless.

Jangan khawatir bila belum pernah menggunakan kamera mirrorless. Karena jenis kamera ini sebenarnya tak sulit untuk dioperasikan. Supaya Kalian bisa menghasilkan foto-foto berkualitas, terutama saat memotret makanan, sebaiknya Kalian menguasai enam cara cerdas menggunakan kamera mirrorless berikut ini:

Mengenali Karakteristik Kamera Mirrorless
Kamera mirrorless memang tak memiliki komponen cermin seperti kamera DSLR. Tampilan yang Kalian lihat di lensa akan menjadi hasil akhir setelah foto selesai diabadikan. Hal ini juga membuat cahaya yang mengenai sensor kamera langsung diolah menjadi fokus tanpa perlu dipantulkan oleh komponen cermin. Tentu saja Kalian butuh waktu untuk beradaptasi dengan kamera mirrorless. Sehingga hasil foto yang didapatkan nantinya bisa sesuai dengan harapan.

Fokus pada Angle yang Tepat
Kalian tak bisa menggunakan kamera mirrorless untuk mengabadikan obyek yang sedang bergerak. Sebab kemampuan kamera mirrorless ini memang belum sebanding dengan kamera DSLR untuk hal yang satu ini. Untuk itu Kalian harus fokus menentukan angle yang tepat. Sehingga foto-foto yang dihasilkan semakin berkualitas dan tak kalah dengan kamera DSLR. Perhatikan letak makanan dan background saat melakukan pemotretan agar hasilnya menarik. Karena bagaimana cara Kalian mengambil foto makanan tersebut lah yang bisa membuat orang tertarik dan ingin mencoba berkunjung untuk menikmati makanan itu pula.

Fokuslah menentukan angle yang tepat (sumber: Matahari mall)

Memanfaatkan Pencahayaan Alami
Meskipun kamera mirrorless memiliki fitur flash untuk aktivitas foto di tempat minim cahaya, alangkah lebih baik bila Kalian memanfaatkan pencahayaan alami. Cahaya alami yang terang bahkan bisa dimanfaatkan untuk aktivitas foto di dalam ruangan. Penggunaan cahaya alami jauh lebih berkualitas karena akan menghasilkan foto-foto dengan nuansa natural. Waktu paling tepat untuk berburu foto dengan pencahayaan alami adalah pagi dan sore hari. Catat ya!

Mengatur Warna dengan Cermat
Aneka obyek foto berupa makanan atau tempat yang indah akan semakin memukau bila Kalian cermat mengatur warna. Jadi, siapkan setting saturasi dan white balance yang tepat. Jangan sampai nuansa warna kekuningan atau kebiruan menghiasi foto-foto yang kita dapatkan. Sisihkan waktu untuk menyesuaikan setting kamera mirrorless dengan kondisi di sekitar obyek foto.

Warna dan pencahayaan juga perlu dipertimbangkan untuk membuat foto makanan yang menarik (sumber: pexels)

Lain Obyek Foto, Lain Pula Lensanya
Jenis lensa dengan focal length kecil (18 mm atau 20 mm) lebih cocok digunakan untuk memotret objek foto berupa alam. Sedangkan lensa dengan focal length besar (20 mm, 35 mm, dan 50 mm) berfungsi untuk memotret benda-benda berukuran kecil supaya hasil fotonya kelihatan lebih detail. Pemilihan lensa yang tepat akan menyempurnakan foto-foto yang akan Kalian abadikan.

Jangan Lupa Menggunakan Handstrap dan Tripod
Bobot kamera mirrorless yang ringan tak lantas membuat kita jadi tak butuh tripod dan handstrap. Justru Kalian tetap membutuhkan kedua aksesori tersebut untuk mendukung kenyamanan saat berburu foto. Jangan sampai kamera kita mudah jatuh atau gambar yang dihasilkan jadi blur hanya karena Kalian lalai memegangi kamera. Siapkan aksesoris kamera berkualitas agar Kalian semakin nyaman saat berburu foto.

Urusan memilih kamera mirrorless bisa kita percayakan pada MatahariMall. Kini MatahariMall memiliki pilihan kamera mirrorless yang sangat variatif. Berbagai kamera berkualitas yang dibandrol dengan harga terjangkau tersebut akan membuat kita leluasa memilih. Hobi fotografi akan berjalan lancar bila Kalian sudah memiliki kamera mirrorless sesuai kebutuhan. Jangan tunda lama-lama bila ingin membeli kamera mirrorless di MatahariMall. Sekarang, klik dulu website MatahariMall.com untuk mencari tahu pilihan produk dan rentang harganya!
Ada banyak merk kamera mirrorless yang dijual di MatahariMall (sumber: Matahari Mall)
gambar cover dari pexels

Tidak ada komentar:

Posting Komentar