Minggu, 16 Juli 2017

Ke Samarinda Jangan Lupa Amplang



Puspa, sudah beli oleh-oleh buat orang rumah? Aku menggeleng, ada banyak agenda sehingga belum sempat kemana-mana. Aku tersenyum dan berterima kasih ketika rekanku menyodorkan bungkus plastik berisi kerupuk ikan tengiri yang lazim di Kalimantan disebut amplang.


Entah darimana yang benar asal makanan amplang. Waktu ku ke Banjarmasin, aku menuju toko oleh-oleh dan di sana mendapati amplang. Eh di Samarinda malah lebih banyak amplang, bahkan mereka menyebut amplang sebagai oleh-oleh khas daerah mereka.

Aku suka akan kerupuk ikan ini. Biasanya amplang berasal dari ikan tengiri, ikan belida, dan ikan gabus. Yang sering kudapati yang ikan tengiri. Bentuknya umumnya seperti kuku macan atau tabung. Tapi ada juga yang berbentuk bulat. Warnanya kekuningan dan ketika digigit rasanya krenyes-krenyes gurih sedap.

Amplang merupakan kerupuk ikan yang sering dijadikan buah tangan. Makanan ini berasal dari ikan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan bawang putih, lada, dan beragam bumbu lainnya serta tepung sagu. Selanjutnya adonan ini dikukus dan dijemur lalu digoreng, tapi adapula yang langsung menggorengnya, kemudian ditiriskan.

Amplang enak dijadikan camilan atau teman makan nasi sebagai ganti kerupuk. Jika ada teman ke Samarinda atau Balikpapan, jangan lupa pesan sebungkus amplang.

Gambar: web kotasamarinda dotcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar