Senin, 17 Juli 2017

Almond Crispy Oleh-oleh Kekinian Surabaya


Sudah sejak dua tahun terakhir atau mungkin malah lebih Surabaya dipenuhi oleh-oleh kekinian. Jika dulunya wisatawan lokal membawa bandeng asap Sidoarjo, kerupuk teripang dan aneka hasil laut, kini oleh-oleh yang dibawa adalah Sambal bu Rudy dan Almond Crispy.

Untuk Sambal Bu Rudy sebenarnya sudah eksis sejak lama. Dari sambal bawang, udang crispy kemudian berlanjut ke menu aneka sambal lainnya. Menurutku ini buah tangan yang keren karena sambal merupakan saus khas Indonesia dan memiliki keunikan di tiap daerah.

Tentang Almond Crispy sepertinya sudah hip 2-3 tahun terakhir atau malah lebih. Hehehe aku jarang pulang lewat Surabaya, sekarang lebih suka penerbangan atau kereta langsung ke Malang jadi kurang update untuk urusan kuliner Surabaya. Aku mengenal Almond Crispy kali pertama malah lewat Bandung di Kartika Sari. Memang enak sih. Baru ketika kemarin pulkam ke Malang, eh ternyata banyak toko oleh-oleh Malang yang juga menjual sambal dan Almond Crispy. Suami pun borong buat oleh-oleh teman kantornya.


Oke aku kemarin mengritisi oleh-oleh kekinian yang suka memajang nama kota. Di Almond Crispy punya Wisata Rasa dan Lusiana tertulis oleh-oleh khas Surabaya, kira-kira khasnya dimananya ya? Lebih pas jika ditulis oleh-oleh kekinian. Tapi untunglah Almond Crispy tidak memasukkan nama Surabaya sebagai nama resminya. Kalau namanya jadi Surabaya Almond Crispy hemmm bisa rebutan dengan Bandung.

Oke dari segi nama, lebih pas disebut oleh-oleh kekinian Surabaya. Bagaimana dengan kemasan, harga dan yang penting masalah harga?

Kemasan
Kemasannya elegan dan nampak berkelas. Cocok buat oleh-oleh ke calon mertua, ke atasan, karena kemasannya nampak 'mahal', eh memang lumayan mahal hehehe.


Harga
Dari segi harga, lumayan berat di kantong. Kalau aku sih lebih suka dimakan sendiri. Kalau untuk oleh-oleh ya buat keluarga dan mereka yang spesial. Harganya berkisar Rp 45 ribu untuk berat sekitar 100-120 gram. Wah lebih mahal ini ya daripada harga rata-rata nastar?!

Rasa
Ada harga ada juga rasa. Saya tidak alergi makanan kekinian dan juga mengapresiasi makanan yang harganya selaras dengan harganya. Kalau harganya mahal tapi rasanya kurang enak, boleh dong protes agar produsennya meningkatkan kualitasnya.

Ada beragam rasa yang ditawarkan oleh Almond Crispy. Ada yang original, keju, green tea, dan sebagainya.

Bentuk Almond Crispy ini lembaran bulat tipis dengan diameter berkisar dua cm. Almondnya tertebar di kepingan tipis tersebut. Bahannya selain almond adalah mentega, telur, tepung dan gula.

Kue ini harum dan sekali menggigit rasanya bikin lidah ketagihan. Perpaduan antara rasa gurih, legit dan renyah.


Almond Crispy ini rapuh, mudah remuk sehingga menyantapnya perlu hati-hati. Agar selalu renyah maka disarankan untuk disimpan di kulkas setelah kemasannya terbuka.

Saat ini saya sudah mencobai yang rasa original, keju dan green tea. Saya bingung mana yang paling enak antara original dan keju. Tapi untuk green tea menurutku rasanya lebih condong ke green tea-nya. Aromanya juga green tea banget, sehingga malah mengalahkan tokoh utama, yakni si almond.

Almond Crispy ini bisa jadi oleh-oleh buat mereka yang istimewa dan ketika punya bujet lebih. Agak mahal tapi selaras dengan kualitas rasanya.

4 komentar:

  1. Aq pernah dapet oleh2 almond crispy ini. Enak ya rasanya jadi ga bisa berhenti makan. Aq dapet yg varian keju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe bener. Ini lagi makan satu kemasan sendiri mumpung suami lagi pergi:p

      Hapus
  2. Aku udah lama banget penasaran pengen makan almond crispy ini. Hiks, pengen beli tapi belum kesampaian. Maunya mah dibawain langsung dari Surabaya, tapi ngga ada yang bawain :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bisa pesan online ke Wisata Rasa. Di Malang juga mulai dijual di toko-toko oleh, waktu itu belinya malah di Malang.

      Hapus