Selasa, 27 Juni 2017

Bisnis Manis Tahu Petis


Berjualan tahu goreng terkesan biasa saja, bukan jenis makanan yang rumit dan kekinian. Tapi makanan sederhana ini punya banyak peminat, termasuk saya hahaha. Sebuah tahu pong dengan saus cocolan petis dan cabe rawit bisa jadi teman yang asyik untuk petang atau malam hari.



Tahu petis ini diklaim makanan khas Semarang. Tapi di Malang dan kota Jawa Timur lainnya, makanan seperti ini lazim ditemui. Sebuah tahu pong yang digoreng hingga kuning kecokelatan, kemudian ditaburi sedikit garam.

Yang bikin istimewa adalah saus petisnya. Petis adalah saus terbuat dari udang yang mengalami fermentasi. Rasa petis itu campur-campur, ada selintas rasa asin, manis, gurih, juga terkadang ada rasa sedikit masamnya.

Petis jamak digunakan di kuliner Jawa Timuran seperti di Surabaya, Sidoarjo dan Malang. Nah, untuk saus petis ini biasanya petis diberi tambahan bumbu bawang putih, gula, dan dikentalkan dengan sedikit tepung beras.

Tahu panas-panas, kemudian dicocol dengan saus petis. Hemmmm jajanan sederhana yang bisa bikin berselera.

Salah satu pedagang tahu petis yang laris di Malang terletak di pertigaan jalan Kaliurang menuju Tawangmangu. Di sini dijual tahu petis seribuan. Wah kalau libur lebaran ramenya lumayan, bikin untung bejibun.





2 komentar:

  1. Ahhh jd pengen makan tahu petiss.. apalagi tahunya masih anget gtu, yummy pasti :D

    BalasHapus