Selasa, 04 Oktober 2016

Pisang Berselimut Ala Nagasari





Kue nagasari itu sederhana namun enak. Kelezatannya bergantung pada keempukan dan kematangan pisang yang digunakan, juga selimut yang dipakai, apakah selimut tepung beras, selimut lembut hunkwe, atau warna-warni indah mutiara.

Kue ini gampang-gampang sulit dibuat. Bahannya mudah, tinggal membuat selimutnya apakah dari adonan tepung beras, hunkwe ataupun mutiara. Bahan tersebut ditambahkan santan, gula, dan air lalu diaduk di panci di atas api sedang hingga matang dan mengental. Selanjutnya tinggal menyiapkan daun pisang atau bisa diganti dengan plastik lalu dituangkanlah selimut, pisang dan ditutup dengan selimut lagi, baru dibungkus dan dibiarkan mendingin. Jadi deh.

Kelihatannya sederhana, tapi geraknya harus cepat dan telaten agar hasilnya rapi dan manis ketika bungkus itu dibuka. Gerakan harus cepat karena adonan selimut cepat mengeras dan akan susah menyatu dengan manis bersama pisang jika telah membeku. Ada yang mendiamkannya hingga dingin dan siap disantap, tapi ada juga yang mengukusnya lagi agar kue pisang ini lebih menyatu dari segi rasa dan lebih tahan lama.

Kue nagasari memang ada dimana-mana, tapi ia terpilih jadi ikon kuliner tradisional mewakili Yogyakarta oleh Kementerian Pariwisata. Selain berbahan pisang, isiannya kadang diganti dengan nangka.

2 komentar:

  1. Ini mah akrab banget untuk panganan hajatan. Klo ane sih nyebutnya 'kue pisang' 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Siti nagasari kue sederhana yang enak

      Hapus