Senin, 03 Oktober 2016

Kolak Pisang-Ubi yang Dinanti Saat Berbuka Puasa


Saat berbuka puasa hidangan yang biasa dinantikan adalah kolak pisang. Santapan ini memang cocok menemani saat berbuka puasa, ada rasa manis dan gurih dari pisang dan santan. Biasanya selain pisang juga ditambahkan ubi jalar, singkong, labu kuning, tapai singkong, atau juga kolang-kaling.



Saya baru tahu jika kolak pisang-ubi masuk jadi salah satu ikon kuliner mewakili kota Bandung. Wah kok bisa disebut dari Bandung ya, padahal makanan bersantan dan berkuah biasanya dari Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Hehehe tak apa-apalah yang penting dari nusantara.

Kolak pisang ubi adalah sajian yang bisa dinikmati semua kelas masyarakat. Pisang dan ubi dipotong lalu dimasak dalam kuah santan berpadu gula merah dan daun pandan. Ada juga yang menambahkan sedikit tepung maizena agar sedikit kental.

Pisang yang umumnya digunakan adalah pisang tanduk ataupun pisang kepok. Rasanya sedikit asam manis dan empuk ketika digigit. Kalau saya paling suka kolak dihidangkan hangat-hangat, tapi juga tak kalah enak ketika dihidangkan dingin dengan es batu.

Di Minangkabau, kolak pisang juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis bubur seperti bubur sumsum, mutiara, ketan hitam dan candil yang disebut bubur kampiun.

Gambar dari buku ikon kuliner tradisional Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar