Kamis, 06 Oktober 2016

Es Krim Telur dan Donat Spiral


Berbeda dengan kisah-kisah Laura di Little House on The Prairie yang santapannya sederhana, keluarga suaminya, Almanzo Wilder hidup dalam makanan yang berlimpah. Keluarganya adalah petani yang sukses sehingga kata nyaris kelaparan tidak ada dalam kamus mereka. Di sini makanan yang sering disebut-sebut adalah es krim telur dan donat spiral
Almanzo adalah anak bungsu dalam keluarganya. Setiap hari jika tidak bersekolah ia membantu orang tuanya bekerja mengurus pertanian dan peternakan. Ayahnya mendidiknya untuk rajin bekerja dan Manzi, sapaannya, memang menyukai bekerja dengan alam, sehingga ia tidak keberatan.

Oleh karena pekerjaannya berat maka Almanzo selalu merasa lapar. Ibunya adalah koki nomor satu dan selalu menyiapkan masakan berlimpah. Untuk pagi hari selalu ada bubur gandum dengan susu juga panekuk tumpuk dengan gula cair. Siang harinya biasanya makanan dibawakan dalam kotak makanan untuk disantap di sekolah.

Nah malam hatinya biasanya yang segalanya seolah serba ada. Ada roti panggang, kentang, sup, daging, dan juga puding. Untuk malam hari sambil mengobrol di ruang keluarga ada pop corn dan cider atau air apel manis. Popcorn ini merupakan budaya Indian untuk mengawetkan jagung yang digunakan sebagai bekal perjalanan. Tapi popcorn Indian hambar, tak diberi garam dan mentega juga keras karena diletakkan dalam kantung berhari-hari.

Saat-saat luang terutama saat musim dingin biasanya mereka membuat es krim telur. Es krim ini sangat sederhana bahannya adalah telur yang dikocok hingga mengembang dan kaku, dicampur susu segar dan gula putih. Selanjutnya didiamkan di salju hingga membeku. Es krim telur ini biasanya disantap dengan roti atau biskuit.

Saat siang hari sebagai kudapan, ibu Almanzo suka menggoreng donat. Donat buatannya terbuat dari telur dan terigu dengan rasa gurih. Donat ini hanya dibuat lonjong dengan dipuntir-puntir sehingga seperti spiral. Waktu itu berkembang juga donat bundar dengan lubang seperti sekarang, tapi ibu Almanzo lebih suka donat spiral karena tidak perlu repot membaliknya.

Es krim telur dan donat ini nampak menggoda. Jadi pengin menyantapnya.

Gambar dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar