Kamis, 13 Oktober 2016

Bebek Ireng Bebek Khas Madura yang Gahar



Masakan bebek cukup populer di Jawa Timur. Selain bebek goreng dengan aneka sambalnya yang sedap, juga ada bebek ireng, yakni bebek dengan warna kehitaman yang disajikan dengan kuah kental kehitaman. Konon kuah ireng alias hitam inilah yang menjadi sumber kelezatannya. Berani mencoba?

Di Jawa Timur memang ada beberapa masakan yang berwarna hitam. Ada rawon dan bebek ireng. Hitam di makanan terkesan memang kurang menarik tapi lupakan untuk saat ini penampilan, karena rasanya mengalahkan penampilannya.

Sejak menemukan bebek ireng ini, saya dan Ovi sepakat bebek ireng inilah masakan bebek terlezat yang pernah saya cicipi. Bebek goreng masih kalah, gulai bebek, sate bebek dan bebek peking juga kalah (subyektif menurut saya sih).

Memang rasa tidak bisa dibohongi. Bebek Madura ini tampil dengan sederhana tapi rasanya luar biasa. Membuat saya ingin nambah nasi dan nambah lagi hingga celana tidak muat (eh jadi berlebihan).

Bebek Madura ini di bilangan Cijantung dihargai Rp 16 ribu per porsinya tanpa nasi. Satu porsi itu berupa bebek yang kurus, satu bungkus kecil saus hitam kehijauan, dan irisan mentimun. Jika beli dua atau tiga porsi kadang diberi bonus printilan bebek. Selain bebek juga dijual ati dan ampela.

Bebeknya memang kurus dan kecil-kecil. Tapi di sini yang luar biasa adalah sausnya atau kuah kental kehitaman tersebut. Makan tempe goreng dengan sausnya saja sebenarnya sudah mantap luar biasa.


Daging bebeknya sendiri empuk dan tidak berbau amis. Lalu mulailah kami bersantap setelah menyiapkan segelas air dan sebotol besar air minum.

Benar deh pedasnya itu bikin nagih. Pedas banget tapi juga nikmat. Di dalam kuah kental itu terdapat beragam bumbu selain cabe. Ada bawang putih, bawang merah, kencur, dan kunyit juga bumbu lainnya. Bebeknya sendiri juga diungkep dengan berbagai bumbu dan daun serai agar tidak amis.

Proses memasaknya agak lama dan perlu kesungguhan. Tapi tak apalah memakan waktu jika hasilnya luar biasa nikmat. Duh pedasnya bebek ireng Madura, bikin nagih deh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar