Minggu, 18 September 2016

Otak-otak Oleh-oleh Makassar



Otak-otak atau makanan dari ikan tengiri bercampur sagu dengan beragam bumbu dan dibungkus daun pisang yang kemudian dibakar ini banyak dijumpai di pinggir jalan. Rupanya makanan ini sejatinya dari Makassar, sebagai daerah yang kaya hasil lautan.
Suami dapat oleh-oleh satu dus otak-otak dari Makassar. Pikir saya wah kenapa jauh-jauh dari Makassar, bukannya di berbagai tempat ada. Tapi tak apa-apalah namanya oleh-oleh hehehe.

Dalam dus dengan merk oleh-oleh Ibu Elly ini terdapat sekitar 20-an otak-otak yang sudah matang dan siap dihangatkan. Biar tahan lama maka otak-otak ini perlu ditaruh di freezer dan perlu ditaruh di suhu kamar sekian menit sebelum dihangatkan di atas wajan.

Otak-otak sebenarnya mudah dibuat. Tinggal siapkan daging ikan tengiri, sagu, telur, bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan. Lalu semua bahan diaduk rata dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang hingga harum dan matang.

Setelah dihangatkan di atas wajan dengan api sangat kecil maka otak-otak ini siap dihidangkan. Aroma dan rasa tengirinya terasa banget dan saus cocolannya yang berwarna  kecokelatan terbuat dari kacang cukup pedas membuat mata terbelalak. Enak juga makan malam dengan otak-otak dan saus kacang pedas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar