Rabu, 28 September 2016

Churros Jajanan Asli Spanyol yang Gurih Legit





Churros jajanan asal Spanyol dan Meksiko ini menurut saya mirip dengan rasa kue sus goreng. Memang churros termasuk jenis pastri dan kalau ditilik bahannya memang mirip dengan bahan membuat kue sus yaitu telur, mentega, air, dan terigu dengan proses pematangan digoreng dengan minyak panas hingga matang keemasan. Biasanya churros ini berbentung lonjong dan bertabur gula.

Churros juga disebut donat ala Spanyol. Saat ini bentuknya tidak hanya seperti stik dengan lapisan gula, tapi telah bervariasi dan topping-nya pun beragam. Ada yang berbentuk spiral ada pula yang badannya lebih gendut sehingga memang agak mirip dengan donat.

Di Spanyol dan daerah jajahannya, biasanya churros ini disantap dengan cokelat panas. Hemmm kue yang gurih bersama minuman yang hangat saat sarapan ataupun ketika waktu petang hari memang sedap. Saat ini taburannya bukan hanya gula bubuk, juga bisa lelehan cokelat masak, almond, misis warna-warni, lelehan cokelat putih, lelehan green tea, keju parut, ataupun juga bisa es krim.

Paling enak menyantapnya saat masih hangat. Wuiih sepertinya santap churros dengan kopi hitam panas rasanya mantap.
gambar pernah saya tampilkan di kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar