Rabu, 21 September 2016

Bebek Kaleyo yang Banyak Disuka


Berbicara tentang bebek goreng di Jabodetabek bisa dibilang Bebek Kaleyo adalah salah satu pencetus tren kuliner ini. Dulu masakan ini hanya beken di Jawa Timur khususnya Surabaya dan Madura namun kemudian mewabah di Jakarta dan kemudian muncul di berbagai daerah.
Dulu waktu masih kuliah dan bekerja di Surabaya saya sering menemukan penjual dengan gerobak keliling menawarkan nasi bebek. Rata-rata penjualnya dari Madura. Waktu itu saya belum tahu seperti apa sih rasa bebek goreng, padahal di dekat rumah juga ada Sekul Duck yang beken di Malang.

Saya lupa persisnya kapan saya mulai jatuh cinta dengan daging bebek. Rasanya itu enak dan memiliki aroma yang khas. Tapi sayangnya kulitnya itu tebal dan berlemak juga tulangnya itu sangat keras berbeda dengan daging ayam yang kulitnya malah enak dan tulangnya bisa dikremus-kremus.

Kembali ke Bebek Kaleyo, saya segera kenal dengan bebek ini karena bekerja di kawasan Cempaka Putih. Selepas pulang kerja kadang-kadang saya mampir ke sini bersama teman-teman. Wuik ramenya. Tempatnya dulu masih sederhana yaitu di halaman sebuah toko yang tutup. Selain rame pengunjung juga rame banget pengamen.

Saya sudah pernah mencoba beragam menunya dan sambalnya, ada bebek goreng dan bebek bakar. Sambalnya juga ada sambal merah dan cabe ijo. Saat ini semakin beragam ada sate bebek, nasi goreng ati ampela, bebek rica, dan masakan ayam.

Saat kali pertama menyantap bebek cabe ijo di sini wah rasanya benar-benar nikmat. Duh rasanya lidah benar-benar dimanjakan dengan gurih empuknya daging bebek berpadu dengan sambal yang pedas menggigit.

Tapi kini dengan semakin banyak penjual daging bebek maka rasanya mulai biasa saja, tidak sewow dulu. Ada banyak saingan bebek kaleyo dan rasanya rata-rata mirip-mirip hanya beda di sambalnya. Dan karena sudah kenal dengan bebek madura yang sambalnya hitam itu maka saya lebih menjagokan bebek madura tersebut yang rasanya lebih sedap.

Kata suami teman-temannya dari Philipina dan Vietnam doyan banget makan bebek goreng dan bebek bakar. Sejak tinggal di Indonesia mereka jadi rajin mencari bebek dan bebek kaleyo menjadi salah satu incarannya. Wah ternyata bebek itu banyak pencintanya dan bukan hanya warga Indonesia yang menyukainya. Kwek...kwekk....kwekkkk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar