Kamis, 22 September 2016

Aneka Masakan Tahu Jatim, Tahu Telur dkk


Di daerah Jawa Timur ada banyak masakan berbahan tahu. Apa saja? Hemmm...ada tahu telur, tahu lontong, tahu campur juga tahu petis dan tahu bakso. Masakan-masakan ini enak dan bisa dijadikan makanan selingan yang mengenyangkan.

Tahu lontong adalah jenis masakan yang paling sering saya santap di antara jenis masakan tahu tersebut. Sekilas tahu lontong mirip dengan ketoprak dimana isiannya adalah potongan tahu yang digoreng setengah matang, kerupuk, bihun, dan tauge rebus juga potongan lontong. Isian tersebut dituang dengan bumbu saus kacang yang gurih.

Kalau yang ini ketoprak tapi memang ketoprak agak mirip tahu lontong

Dulu tetangga saya berjualan dan memang tahu lontong yang dijajakannya enak dan terjangkau. Kalau dulu masih mudah ditemui penjual keliling tahu lontong di Malang, tapi sekarang Kalian yang harus pergi mencari lokasi mereka berjualan.

Masakan tahu berikutnya adalah tahu telur. Sebenarnya tahu telur bisa juga disebut dadar tahu oleh karena potongan tahu tersebut digoreng dengan kocokan telur. Selanjutnya dadar telur ini disajikan bersama tauge rebus, irisan seledri, dan bumbu kacang yang mirip dengan bumbu tahu lontong. Baru kemudian dituangkan sedikit kecap manis dan taburan bawang goreng. Kadang-kadang ada juga yang menambahkan petis di bumbu kacangnya. Sebagai teman makan biasanya adalah acar mentimun atau juga disantap bersama potongan lontong dan krupuk warna-warni jika ingin lebih meriah dan kenyang. Hidangan ini mirip dengan gimbal tahu ala Semarang.

Tahu telur (gambar milik Kemenpar)

Nah sajian berikutnya adalah tahu campur. Tahu campur bisa dibilang sering saya cari jika pulang kampung. Bahan dasar kuahnya adalah petis. Jadinya di dalam kuah yang berbahan petis terdapat potongan tahu, sla, gorengan dari singkong (perkedel singkong), soun, dan tetelan daging yang berlemak dan sedikit liat. Rasanya itu nikmat sekaligus segar.

Juga ada lontong balap khas Surabaya dimana lontong, tahu, tauge dan lentho diberi kuah yang manis dan gurih. Tapi hidangan ini mulai susah dijumpai.

Untuk tahu petis merupakan jajanan yang umum. Yaitu tahu goreng berbentuk kotak yang dalamnya agak kopong kemudian dicocolkan ke dalam saus petis. Yang menentukan enak tidaknya adalah saus petisnya. Jika saus petisnya pas wah Kalian bisa menghabiskan lebih dari lima potong tahu tanpa terasa.

Masakan jenis baru yang sebenarnya berasal dari Semarang adalah tahu bakso. Sebuah gorengan dari tahu yang di dalamnya berisi bakso utuh. Kalau baru digoreng dan kemudian disantap dengan cabe rawit wow enak banget.

Masakan tahu lainnya yang kemudian muncul di masyarakat adalah sayur tahu. Tahu yang berbentuk panjang kotak dimasak dengan kuah santan plus cabe hijau. Gurih dan menghangatkan badan. Ada juga batagor atau bakso tahu goreng yang datang dari Bandung. Ada juga sop kembang tahu dimana menggunakan bahan utama kembang tahu yang lembut. Juga ada tahuwa atau kembang tahu dengan kuah jahe manis yang cocok untuk teman penghangat.  Eh ada juga tumis tahu dengan tauge dan tahu bumbu Bali.

Tahu bumbu Bali yang enak

Rupanya bahan utama tahu yang sederhana ini bisa diolah beragam dan tentunya enak.

NB: foto tahu campur sebagai cover pernah saya gunakan di adiraFOI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar