Sabtu, 13 Agustus 2016

Seblak yang Disuka Wanita


Aku dan Ovi heran akan masakan bernama Seblak. Kok bisa laku gitu ya. Padahal makanan ini hanya menggunakan bahan utama kerupuk yang kemudian dimasak dengan bumbu seperti kencur, bawang, dan cabe. Tapi setelah mencicipi Seblak modifikasi di dekat rumah, saya rupanya doyan.

Seblak ini memang masakan unik karena berbahan dasar kerupuk. Kerupuk dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, garam, kencur, kunyit dan cabe rawit. Rasanya kenyal, unik dengan kunit dan tentunya pedas berkat cabe. Alhasil penyuka masakan ini kebanyakan wanita.

Masakan ini populer di Jawa Barat, tapi ada juga yang bilang masakan ini sudah lama ada di Sumpiuh, Jawa Tengah dengan nama Krupuk Godhok. Entahlah mana yang lebih dahulu, tapi kemiripan kuliner di Indonesia memang jamak terjadi seperti Sop Ikan yang bisa ditemui di berbagai tempat.

Yang semakin bikin populer Seblak adalah modifikasinya, terutama Seblak Basah. Ada yang menambahkan makaroni, bakso, telur, sawi, ceker ayam, siomai dan sebagainya. Bumbunya pun dimodifikasi sehingga ada yang mirip dengan bumbu mie goreng dengan tambahan kecap manis. Yang masih dipertahankan adalah keberadaan kerupuknya dan cabenya  yang membuat makanan ini khas dengan kenyal-kenyal basah pedasnya.

Jika Kalian doyan pedas maka Kalian mungkin suka masakan ini. Harganya sih agak lumayan untuk sekedar camilan, tapi banyak di antaranya yang porsinya besar sehingga mengenyangkan. Seporsinya Rp 10 ribu si tempat saya untuk seblak dengan makaroni, telur, sawi dan bakso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar