Senin, 29 Agustus 2016

Icip-icip Kuliner Manado di Rarampa


Saya tidak punya ekspektasi khusus tentang makanan yang akan disajikan di Rarampa Culinary Experience. Saya tidak memeriksa terlebih dahulu seperti apakah restoran dan jenis masakan yang disajikan. Dan ternyata Rarampa adalah restoran masakan Manado. Wah saya bersorak karena saya gemar masakan Manado yang pedas.


Sejak kecil saya suka masakan Manado. Dulu ada kawan paman yang gemar membawakan Tinutuan dan menjasi bubur kesukaan kami. Saya juga gemar menyantap panada. Ketika dewasa dan memiliki rekan kantor yang keduanya dari Manado maka saya semakin bereksplorasi. Untunglah di Cempaka Putih dulu banyak penyedia masakan Manado seperti Tude dengan sambal khas dabu-dabu, nasi kuning khas Manado dan tentunya Tinutuan Saya juga pernah ke Manado dan menjelajah aneka masakannya, menikmati mie Cakalangnya.

Kembali ke Rarampa, restoran ini berlokasi di dekat Taman Ayodya, Jakarta Selatan. Ruangannya nyaman, memiliki lantai dua dan ruangan untuk merokok. Kamar mandinya juga bersih dan nyaman.



Sebagai kudapan disajikanlah pisang roa alias pisang goreng dengan sambal roa juga panada dan kue empuk berwarna cokelat yang seperti bolu kukus. Lantas di menu utama ada kuah asam Cakalang Fufu. Ikan cakalang yang diasap ini membuat rasa sup ikan ini sedap dan memiliki aroma khas.

Lantas ada juga tumis daun pepaya, dadar atau bakwan jagung, ikan tude, rica-rica, dan pastinya ada sambal dabu-dabu.

Oleh karena sudah lama tak bersantap sajian Manado, saya merasa senang. Rasa masakannya juga lezat dan kredit untuk kuah asam cakalang fufu yang paling berkesan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar