Kamis, 07 April 2016

Manis dan Gurihnya Putu Mayang dan Serabi Bersanding Kinca



Putu mayang dan serabi bersanding dengan kuah santan gula merah ini favorit saya sejak kecil. Rasanya perpaduan gurih dan manis. Jika disantap sendiri-sendiri rasanya satunya agak hambar lainnya hanya manis, tapi ketika mereka bersinergi, rasanya begitu nikmat.

Kue serabi dan putu mayang berkuah ini sayangnya tidak banyak yang jual. Padahal enak.Bikin sendiri juga bisa asal punya cetakan untuk putu mayangnya. Di pasar biasanya cetakannya tersedia.

Bahan-bahan untuk membuat masakan tradisional ini mudah. Untuk saus santannya hanya perlu santan, gula merah, dan sedikit garam juga daun pandan wangi. Sedangkan untuk putu mayang cukup tepung beras, tapioka dan sedikit maizena. Sementara serabi umumnya menggunakan terigu dengan ragi.

Penyelesaian untuk putu mayang adalah dikukus sekitar 15-20 hingga harum. Sementara untuk serabinya setelah adonannya dibiarkan maka kemudian dipanggang. Baru kemudian ditata dalam mangkok dan dituang dengan saus santan yang legit.

Warnanya juga indah, putu mayang biasanya berwarna hijau pandan atau merah muda. Serabi menyumbangkan warna putih bercak kecokelatan dan mereka terendam dalam saus kecokelatan. Hemmm membayangkannya saja jadi lapar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar