Rabu, 30 Maret 2016

Buah Siwalan Diolah Jadi Apa Ya?



Ada yang pernah makan buah siwalan? Kalau di Malang buah dengan kulit tipis dengan rasa seperti daging kelapa muda bercampur kolang kaling itu jarang ditemui. Nama lain buah siwalan ini adalah buah lontar. Ada juga yang menyebut buah ini lontara, tala, jun tai, nungu, dan sebagainya. Jika masih bingung dengan buah ini, buah ini biasa digunakan untuk membuat air legen. Itu tuh air yang rasanya seperti tape dan biasanya dijual di pinggir jalan.


Buah siwalan alias buah lontar ini memiliki tekstur yang kenyal, berwarna putih hampir transparan dan memang rasanya seperti kombinasi kelapa muda-kolang kaling.Ya buah siwalan termasuk jenis palma seperti kelapa sehingga buahnya juga mirip-mirip.

Siwalan lebih banyak dijajakan mentah saat usia buahnya masih muda. Olahan lainnya berupa air legen yang saya kurang suka, tapi lumayan menyegarkan jika dicampur es batu saat cuaca panas. Oh ya jika dibiarkan lama air legen bisa beralkohol lho.

Di beberapa tempat  seperti di Lamongan, buah siwalan dipotong kotak-kotak dan dimasukkan ke dalam kuah bersantan dengan gula berasal dari nira. Hemmm rasanya nikmat banget. Seperti kolang-kaling dalam kolak tapi lebih empuk dan lebih kenyal.

Sedangkan buah siwalan yang sudah tua biasanya dijadikan selai. Ada juga yang mencampurnya dengan bahan kue karena rasanya sudah seperti kelapa tua.

Buah siwalan ini sepertinya juga nikmat ditambahkan ke es campur dan es buah. Adakah di antara Kalian yang punya ide lain untuk memanfaatkan buah siwalan ini?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar