Rabu, 30 Maret 2016

Aneka Kuliner Fermentasi Kedelai



Gara-gara mengikuti acara Manis Pahit Fermentasi Nusantara, saya jadi begitu mengagumi buah pikiran leluhur jaman dahulu. Sampai saat ini saya masih terkagum-kagum bagaimana mereka menciptakan beragam makanan dengan bumbu kompleks, tetapi masih banyak hal menakjubkan dari kekayaan kuliner nusantara, yaitu fermentasi. Nah, kali ini saya ingin membahas tentang fermentasi kedelai.

Mengapa yang dibahas terlebih dahulu fermentasi kedelai? Ya, karena kedelai itu bahan makanan yang bisa menghasilkan beragam bahan makanan berbeda dengan bantuan mikroorganisme. Seperti sulap, sim salabim  tapi jangan dihitung1-2-3, tunggu agak lama maka jadilah aneka bahan makanan seperti tauco, tahu, tempe, oncom, dan kecap. Wuih keren kan kedelai itu.

Yang makin membuat saya salut bahan makanan hasil fermentasi kedelai itu dari segi penampilan tidak terlalu menarik. Akan tetapi setelah diolah. Dibumbui dan kemudian digoreng, ditumis, dibacem, disayur, dan sebagainya hasilnya adalah kuliner yang lezat dan penampilannya pun istimewa. Tumis tauco dengan udang hemmm siapa sih yang tidak tergoda? Atau daging yang dimasak ala tongseng. Hemmmm sudah terbayang kuahnya yang gurih dan legit.

Selama beberapa artikel ke depan. Saya akan kupas berbagai fermentasi kedelai ini, juga aneka ragam fermentasi kuliner lainnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar