Senin, 15 Februari 2016

Serba Telo Ungu yang Kaya Serat



Salah satu kekhasan telo atau ubi jalar yang tumbuh di Jawa Timur adalah telo ungu. Memang ada juga ubi jalar putih dan kuning seperti pada umumnya, tapi ubi jalar ungu ini khas dari penampilan dan rasanya. Dari telo ungu ini juga bisa dibuat beragam camilan. Eh jus dan es krim juga bisa lho dibuat dari telo ungu.

Serba telo ungu. Hemmm entah sejak kapan makanan ini kondang. Tapi yang pasti telo ungu ini dulu mudah dijumpai. Ayah kadang-kadang membawanya sebagai oleh-oleh dan kemudian disantap dengan dikukus terlebih dahulu.

Telo ungu itu dikenal berasal dari Gunung Kawi sama dengan halnya telo yang kuning oranye. Biasanya telo ungu juga ada di pasar Karanglo dan Singosari.

Dulu telo ungu hanya dikukus atau dibuat seperti keripik dan batang stik. Penampilannya unik karena warnanya tetap ungu. Ada rasa manis natural dari telo tersebut.

Setelah Repoeblik Telo hadir di Singosari maka telo ungu menjadi populer. Ada beragam makanan yang dikreasikan dari telo berwarna ungu ini.

Yang pertama populer adalah bakpao telo. Bakpaonya ada yang berwarna ungu ada juga yang hijau pandan. Teksturnya tidak terlalu empuk, lebih padat, dan kaya serat. Enak sih tapi mengenyangkan. Satu saja rasanya sudah cukup.
Bakpao Telo

Bakpao Telo Aneka Rasa
 Selain bakpao ada juga es krim telo. Es krimnya teksturnya juga tidak begitu halus, padat dengan rasa telo yang tetap dominan meski telah dicampur dengan bahan seperti susu.

Ada juga brownies telo, pizza telo juga mie ayam telo dan jus telo. Pangsit telo itu unik, masih ada wangi khas telo. Karena kaya serat, pangsit ini mengenyangkan. Untuk menghilangkan bau langu khas telo, sebaiknya disantap dengan bakso dan saus sambal. Begitu juga jusnya, berserat dan mengenyangkan. Alhasil dua jenis makanan ini cocok bagi yang sedang diet asalkan porsinya diganti setengahnya.

Pangsit Telo Ungu Plus Bakso
Rupanya bukan hanya Repoeblik Telo yang berkreasi dengan ubi jalar ungu. Masyarakat pun juga turut berkreasi. Hasilnya ada strudel telo ungu, pizza telo ungu, donat telo ungu, puding telo ungu, kue talam telo ungu, kue lumpur telo ungu, dan nugget telo ungu, juga kolak telo ungu. Warna ungu dan rasa khas telo itu yang bikin aneka masakan dari telo ungu berbeda dan unik. Pada masa datang jenis makanan dari telo ungu akan makin beragam seiring dengan bertambahnya ide.

Ide itu hebat. Saya optimis bangsa Indonesia unggul di bidang makanan di masa MEA berkat idenya yang terus hidup. Setelah serba apel dan serba tempe, maka giliran Kabupaten Malang yakni Singosari menghidupkan ikon dan perintis tren serba telo ungu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar