Senin, 08 Februari 2016

Pak Ageng dan Penggeng Ayam

 Adakah teman-teman yang suka ayam penggeng dan sate usus?
Hehehe dua jenis masakan ini dulu sering muncul di buku serial Makan Tidak Makan Kumpul Garapan Umar Kayam.

Buku yang merupakan kumpulan kolom ini cocok dibaca mereka yang gemar membaca plus doyan makan. Karena kisah-kisah Pak Ageng ini banyak disisipin oleh makanan yang menggugah selera.

Cara Umar Kayam bertutur dalam buku ini membuat pembaca ikut tergiur dengan aneka hidangannya. Dan hidangan paling bekan dalam buku ini adalah penggeng ayam dan sate usus. Bahkan ayah dulu sempat tiap hari minta dibelikan penggeng ayam dan sate usus ayam. Memang sih enak tapi lama-lama bosan juga hehehe.

Penggeng ayam itu ayam panggang yang berwarna kecokelatan dengan rasa gurih dan tidak terlalu manis. Enak banget, bumbunya itu meresap. Sedangkan sate usus ayam itu usus yang dibacem lalu digoreng setelah ditusuk. Ini juga tak kalah nikmat.

Selain dua hidangan tersebut masih ada berbagai makanan lainnya seperti sayur asem, sayur brongkos..nah ini bikin ayah penasaran. Juga ada es krim mahal Haagen Dazs hahaha saya baru bisa beli dan bersantap es krim ini saat sudah kerja. Es krimnya memang enak tapi mahal.


Nah jika Anda suka buku dengan sisipan kuliner coba deh baca buku Umar Kayam ini. Meskipun sebenarnya kolom ini mengritik kondisi sosial ekonomi, tapi gaya berceritanya ringan dan lezat, enak sekali dibaca.

Selamat membaca dan bersantap penggeng ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar