Kamis, 11 Februari 2016

Carang Mas Kerupuk Ubi Manis

Eh tiba-tiba teringat carang mas. Kue terbuat dari ubi jalar ini dulu mudah dijumpai. Rasanya ada saja di rumah. Apalagi jika pergi ke Waduk Selorejo. Di sana selain banyak pedagang ikan tawar seperti ikan mujair dan ikan nila yang digoreng kering juga banyak pedagang carang mas.

Kue ini seperti kerupuk tapi berasa gurih dan legit. Rasanya kriuk-kriuk renyah dan agak lengket. Enak sih tapi satu saja sudah cukup bagi saya karena terlalu manis.

Kue carang mas ini banyak dijumpai di Malang dan sekitarnya. Tapi di daerah lain juga ada dengan nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya kremes ubi, sarang balam, grubi dan cakar ayam.

Kue tradisional ini terbuat dari ubi jalar yang dipotong-potong tipis seperti korek api kemudian direndam dengan air garam lalu digoreng setelah ditiriskan. Baru kemudian dimasukkan ke larutan campuran gula merah dan gula pasir baru dicetak dan diangin-anginkan hingga dingin dan mengeras.

Saat ini di Malang pedagangnya makin kreatif. Mereka tidak hanya menggunakan bahan baku ubi jalar, melainkan juga apel sehingga disebut carang mas apel. Tentu saja citarasanya berbeda. Ada juga yang menggunakan telo ungu sehingga warnanya juga ungu cantik.

Nah jika ke Malang dan sekitarnya jangan lupa membeli carang mas sebagai oleh-oleh.

Gambar dari sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar