Kamis, 29 Desember 2016

Jelajah Kuliner Thailand: Ada Masakan Unik dari Kulit Sapi


Aroma hangat dan segar dari Tom Yam Goong merebak ketika mangkuk besar berisi udang dan tomat yang terapung-apung dalam kaldu berwarna kemerahan tersebut dihidangkan. Rasanya tak sabar ingin mencicipinya, tapi aku menunggu dua hidangan lainnya terhidang di meja sebelum menyantapnya.

Senin, 05 Desember 2016

Pancong pun Naik Kelas dengan Aneka Topping



Jika selama kue pancong tampil dengan parutan kelapa dan gula ataupun polos, maka kue khas Betawi ini berupaya naik kelas dan sejajar dengan jajanan modern lainnya dengan kreasi aneka topping. Kue pancong dengan topping keju, cokelat, oreo, dan aneka topping lainnya siapa yang sanggup menolak? Apalagi disantap di lokasi yang berkesan anak muda nan gaul.

Kamis, 17 November 2016

Nyoklat Super, Minuman Cokelatnya Super Enakkah?


Siapa yang di sini tidak suka cokelat dan atributnya? Wah kayaknya bakal jarang yang ngacung nih.
Cokelat memang lezat dan konon memiliki beragam manfaat, terutama dalam membangun suasana hati yang baik. Cokelat bisa diolah dalam beragam rupa, termasuk dalam wujud minuman. Minuman cokelat, hangat dan dingin sama-sama nikmat.

Kamis, 03 November 2016

Beragam Kreasi Hasil Laut yang Lezat dan Kaya Protein



"Eh sudah pernah makan ikan tude atau mie cakalang belum?" mantan rekan kantorku dulu suka banget mengajakku jelajah rasa, terutama masakan Manado. Ia memang asli keturunan Manado sehingga rajin mengenalkan masakan daerahnya kepadaku. Jika dulunya aku hanya kenal bubur tinutuan, sejak berpartner dengannya aku jadi kenal cukup banyak masakan Manado.

Kamis, 20 Oktober 2016

Sandwich Persahabatan


Pintu kamar hotel diketuk. Ketukannya nampak diburu karena semakin keras, membuatku terlonjak dari kasur dan hampir terjatuh. Kupikir suamiku eh aku kaget ternyata tamuku tiga wanita berbahasa asing. Dan mereka membawa sepiring sandwich yang nampak legit

Kamis, 13 Oktober 2016

Bebek Ireng Bebek Khas Madura yang Gahar



Masakan bebek cukup populer di Jawa Timur. Selain bebek goreng dengan aneka sambalnya yang sedap, juga ada bebek ireng, yakni bebek dengan warna kehitaman yang disajikan dengan kuah kental kehitaman. Konon kuah ireng alias hitam inilah yang menjadi sumber kelezatannya. Berani mencoba?

Rabu, 12 Oktober 2016

Pengalaman Seru Punya Usaha Cokelat Praline





Membuat dan kemudian menjual cokelat praline itu menyenangkan, apalagi pada saat momen khusus seperti valentine. Saat masih berkuliah di Surabaya, kami berenam berjualan cokelat praline buatan kami sendiri. Selain praktik langsung ilmu kewirausahaan, kami juga mendapat hasil yang lumayan.

Jumat, 07 Oktober 2016

Tentang Kacang Merah yang Pandai Bikin Nikmat


Tentang kacang merah saya baru tahu ia pandai membuat lezat suatu makanan saat ibu membelikan onde-onde isi kacang merah. Duh rasanya...luar biasa enak. Bahkan kalau saya lagi tamak, saya bisa menyantap empat buah onde-onde sekaligus. Onde-onde kacang merah ini lebih top daripada isian kacang hijau.

Kamis, 06 Oktober 2016

Es Krim Telur dan Donat Spiral


Berbeda dengan kisah-kisah Laura di Little House on The Prairie yang santapannya sederhana, keluarga suaminya, Almanzo Wilder hidup dalam makanan yang berlimpah. Keluarganya adalah petani yang sukses sehingga kata nyaris kelaparan tidak ada dalam kamus mereka. Di sini makanan yang sering disebut-sebut adalah es krim telur dan donat spiral

Selasa, 04 Oktober 2016

Pisang Berselimut Ala Nagasari





Kue nagasari itu sederhana namun enak. Kelezatannya bergantung pada keempukan dan kematangan pisang yang digunakan, juga selimut yang dipakai, apakah selimut tepung beras, selimut lembut hunkwe, atau warna-warni indah mutiara.

Senin, 03 Oktober 2016

Kolak Pisang-Ubi yang Dinanti Saat Berbuka Puasa


Saat berbuka puasa hidangan yang biasa dinantikan adalah kolak pisang. Santapan ini memang cocok menemani saat berbuka puasa, ada rasa manis dan gurih dari pisang dan santan. Biasanya selain pisang juga ditambahkan ubi jalar, singkong, labu kuning, tapai singkong, atau juga kolang-kaling.

Kue Lumpur Juga Masuk Ikon Kuliner Tradisional



Kue lumpur masuk dalam ikon kuliner tradisional Indonesia. Kue ini memang enak dan dulu mudah dijumpai dengan rasa manis yang lembut dan taburan kismis. Konon kue lumpur ini dapat ditemukan di hampir seluruh pelosok nusantara sehingga kue basah ini diputuskan masuk menjadi salah satu dari 33 ikon kuliner. Uniknya kue lumpur dianggap mewakili Jakarta.

Rabu, 28 September 2016

Churros Jajanan Asli Spanyol yang Gurih Legit





Churros jajanan asal Spanyol dan Meksiko ini menurut saya mirip dengan rasa kue sus goreng. Memang churros termasuk jenis pastri dan kalau ditilik bahannya memang mirip dengan bahan membuat kue sus yaitu telur, mentega, air, dan terigu dengan proses pematangan digoreng dengan minyak panas hingga matang keemasan. Biasanya churros ini berbentung lonjong dan bertabur gula.

Senin, 26 September 2016

Ramainya Pedagang Makanan Keliling Dulu


Entah sejak kapan aku menyadari pedagang makanan keliling semakin sepi yang melewati rumah orang tua di Malang. Kata ayah gara-gara ada portal yang ditutup setiap jam 10 malam menyusahkan mereka untuk masuk dan pergi. Tapi sebelum jam itupun sudah tidak seramai dulu.

Kamis, 22 September 2016

Aneka Masakan Tahu Jatim, Tahu Telur dkk


Di daerah Jawa Timur ada banyak masakan berbahan tahu. Apa saja? Hemmm...ada tahu telur, tahu lontong, tahu campur juga tahu petis dan tahu bakso. Masakan-masakan ini enak dan bisa dijadikan makanan selingan yang mengenyangkan.

Rabu, 21 September 2016

Bebek Kaleyo yang Banyak Disuka


Berbicara tentang bebek goreng di Jabodetabek bisa dibilang Bebek Kaleyo adalah salah satu pencetus tren kuliner ini. Dulu masakan ini hanya beken di Jawa Timur khususnya Surabaya dan Madura namun kemudian mewabah di Jakarta dan kemudian muncul di berbagai daerah.

Selasa, 20 September 2016

Ngomongin Pindang





Hai Kawan-kawan yang suka makan-makan, kali ini saya ingin mengulas tentang pindang. Eh ini bukan ikan pindang alias ikan cue ya hahaha, melainkan masakan pindang yakni masakan berkuah khas daerah Sumatera, khususnya Palembang.

Hey! Banana, Ketika Pisang Beku Berlumur Topping



Hey! Banana!!! Pekik para Minion yang memang pecinta pisang hingga gemar menyanyikan banana song. Bagi warga tropis buah pisang itu biasa dan mudah dijumpai, tapi ada berbagai negara yang menganggap pisang itu buah eksotik. Mungkin karena Minion disuka anak-anak dan ada banyak penggemar pisang maka lalu muncullah franchise Hey! Banana.

Minggu, 18 September 2016

Otak-otak Oleh-oleh Makassar



Otak-otak atau makanan dari ikan tengiri bercampur sagu dengan beragam bumbu dan dibungkus daun pisang yang kemudian dibakar ini banyak dijumpai di pinggir jalan. Rupanya makanan ini sejatinya dari Makassar, sebagai daerah yang kaya hasil lautan.

Taiyaki Kue Jepang Berbentuk Ikan



Di manga Topeng Kaca si Maya Kitajima suka menyantap kue berbentuk ikan sambil menunggu pertunjukan rivalnya usai. Wah kue kayak ikan itu rasanya seperti apa ya? Saya bertanya-tanya. Kemudian mimpi itu menghampiri dalam rupa Taiyaki. Ya, nama kue itu taiyaki dan saya menyantapnya di sebuah festival street food setahun silam.

Jumat, 16 September 2016

Roti Bantal dan Kroninya


Roti bantal atau roti goreng itu jajanan sederhana yang enak dan mengenyangkan. Adonan dari tepung dan ragi ini sedap disantap saat masih hangat ditemani kopi ataupun teh.

Kamis, 15 September 2016

Klappertaart: Si Legit Lembut dari Manado




Kenal masakan Manado dari kawan dekat paman yang dulu sering bertandang ke rumah. Lantas kemudian mendapat partner kerja dari Manado yang suka menraktir masakan Manado seperti nasi kuning khas Manado dan bubur Tinutuan. Nah suatu ketika ada rekan dari kantor cabang Manado yang membawakan oleh-oleh seporsi besar klappertaart yang kemudian kami santap rame-rame. Wah karena masih fresh maka hidangan pencuci mulut ini benar-benar nikmat. Lembut, manisnya pas, dan royal dengan isian kelapa muda dan kismis.

Roti Isi Ayam Ala Coffee Bean


Pasca meet & greet dengan pemeran utama dan sutradara One Day, saya dan teman-teman mendapat santapan cuma-cuma di The Coffee Bean dan Tea Leaf, Grand Indonesia Lt. 1. Lumayan sih untuk mengganjal perut sambil menunggu screening film dimulai.  Ada sebuah roti isi dan ice fruit tea.

Senin, 12 September 2016

Hidangan Hebring Berbahan Daging Kambing





Perayaan Idul Adha identik dengan daging kambing. Jika Kalian sudah bosan memasak daging kambing sebagai gulai ataupun sate, maka beberapa masakan ini bisa menjadi inspirasi untuk memberikan warna lain dalam hidangan kambing.  Ada tengkleng, tongseng, hingga nasi goreng kambing.

Eat and Eat Bassura Pujasera yang Dikemas 'Mahal'



Di mal dan pusat perbelanjaan umumnya terdapat pujasera atau pusat jajanan serba ada. Pujasera banyak disuka oleh mereka yang datang beramai-ramai dan memiliki beragam selera. Beberapa pujasera dikemas menawan hingga terkesan 'mahal', salah satunya adalah Eat and Eat.

Jumat, 09 September 2016

Kisah-kisah Bersantap di India



Berlibur dan icip-icip kuliner lokal memang pengalaman berkesan. Tapi ada kalanya perut dan lidah bermasalah sehingga kita kangen dengan masakan keseharian. Gara-gara bumbu rempah-rempah yang pekat tiap saat di India kami pun mencoba aman dengan prata dan kopi instan.

Kamis, 08 September 2016

Dari Tauto Hingga Nasi Jinggo


Menyantap Tauto merupakan pengalaman yang berkesan. Rasanya unik, perpaduan antara soto dan tauco. Ada rasa gurih, asin, sedikit asam dan aroma khas tauco. Masakan dari Pekalongan ini bisa disantap kapan saja karena berkuah hangat dan cukup mengenyangkan.

Rabu, 07 September 2016

Ketika Susah Makan di Luar Negeri


Saat menghadiri acara Kompas Gramedia Value Card Member Gathering, narasumber diskusi, Jeff dan Diana berbagi cerita tentang cara mereka survive di luar negeri terutama dari segi makanan. Suami yang baru bertolak selama berbulan-bulan di Eropa juga memberikan tipsnya.

Selasa, 06 September 2016

Si Cantik Sate Lilit


Siapa yang suka santapan khas Bali? Nah, Bali itu memiliki sate yang khas disebut sate lilit. Dagingnya tidak dipotong-potong melainkan dicampurkan dengan bumbu seperti adonan baru kemudian dibakar. Yuk simak kisah si sate lilit yang menggoda.

Senin, 05 September 2016

Mengupas Kuliner dengan Antusias Bersama Qwords


Orang bijak mengatakan warisan terbaik dari seseorang salah satunya berupa karya tulisan. Saya suka membaca dan menulis tentang apa saja akan tetapi rasanya tulisan saya selama ini tidak semuanya bermanfaat. Oleh karena saya sedang menyukai segala sesuatu tentang kuliner, maka saya coba tuangkan pengetahuan saya tentang aneka ragam masakan dengan cara berbeda.

Minggu, 04 September 2016

Sate Maranggi yang Nikmat dari Jawa Barat


Sate termasuk jenis barbeque. Namun sate ayam asal Indonesia itu lumayan beken lho di lidah para ekspatriat dan wisatawan asing. Mereka menyukainya, sama halnya dengan warga lokalnya. Namun kali ini saya belum ingin membahas aneka sate di Indonesia karena perlu mengumpulkan referensi yang cukup banyak. Saat ini bahas sate beken asal Jawa Barat. Apalagi kalau bukan sate maranggi.

Sabtu, 03 September 2016

Lembutnya Puding Si Pencuci Mulut


Puding banyak disuka sebagai kudapan ataupun pencuci mulut. Teksturnya yang lembut seperti meluncur ke tenggorokan juga penampilannya yang menarik membuat puding disukai anak-anak hingga kaum dewasa. Akan tetapi puding rupanya bukan hanya terbuat dari rumput laut, ada berbagai variasi dari puding. Puding bukan hanya direbus lalu didinginkan, ada juga yang dikukus dan dipanggang lho.

Sedapnya Tumpeng dan Filosofi Di Dalamnya


Tumpeng merupakan makanan khas Indonesia yang ada di berbagai penjuru nusantara. Umumnya tumpeng disajikan saat-saat istimewa seperti tujuhbelasan, peringatan ulang tahun sebuah institusi atau acara-acara penting.

Kamis, 01 September 2016

Pisang Goreng dkk Bisa Tampil Menawan


Ubi goreng dan pisang goreng merupakan kudapan yang beken hampir di seluruh pelosok nusantara, meskipun penyajiannya sedikit berbeda. Ada pisang epe, pisang roa, pisang goreng pasir dan sebagainya. Kue-kue ini sebenarnya bisa naik kelas asal disajikan dengan menawan.

Rabu, 31 Agustus 2016

Kuliner dalam Fiksi


Masakan dan aneka minuman bukan hanya nikmat dinikmati oleh indera pengecap. Kuliner juga sedap dirasa oleh kombinasi indera penglihatan dan imajinasi yaitu melalui karya fiksi. Fiksi kuliner mungkin itulah yang bisa disematkan pada karya-karya fiksi yang banyak menempatkan makanan dalam cerita.

Sekoteng dan Wedang Ronde Sama-sama Hangat


 
Indonesia kaya minuman penghangat tradisional. Ada beragam minuman hangat yang sedap, dari  bajigur, wedang jahe, ronde, dan sekoteng. Nah, dua minuman penghangat terakhir ini mirip-mirip tapi ada sedikit bedanya. Seperti apa sih bedanya?

Senin, 29 Agustus 2016

Icip-icip Kuliner Manado di Rarampa


Saya tidak punya ekspektasi khusus tentang makanan yang akan disajikan di Rarampa Culinary Experience. Saya tidak memeriksa terlebih dahulu seperti apakah restoran dan jenis masakan yang disajikan. Dan ternyata Rarampa adalah restoran masakan Manado. Wah saya bersorak karena saya gemar masakan Manado yang pedas.

Minggu, 21 Agustus 2016

Sajian Swiss-Belhotel Pondok Indah yang Lezat


Ini kedua kalinya saya bersantap di Swiss-Belhotel Pondok Indah. Setelah pengalaman yang berkesan saat menikmati Sunday Brunch dengan menu nusantara yang variatif dan nikmat, saya sekali lagi merasakan sedapnya masakan yang tersaji pagi ini (21/8).

Sabtu, 20 Agustus 2016

Serabi Solo Isi Keju


Saat berlibur ke Surakarta tak lengkap jika tak membeli oleh-oleh berupa serabi. Kue ini memang enak disantap langsung atau dimakan dengan saus santan dan gula merah. Nah, baru-baru ini saya menyantap serabi keju yang gurih dan creamy.

Jumat, 19 Agustus 2016

Cokelat Asal Belgia


Saat pasangan bertandang ke Belgia ia membawakan oleh-oleh berupa cokelat produk mereka yang terkenal. Ada trufle dan sebagainya. Tapi setelah dicicipi tiga bungkus, rasanya tak beda jauh dengan cokelat asal Indonesia. Bahkan beberapa cokelat asal Indonesia jauh lebih baik dari segi rasa dan harga, tentunya hehehe.

Kue Lampet Kue Tradisional Tapanuli


Kue tradisional masyarakat Tapanuli yang dibungkus daun pisang dan berbentuk limas itu bernama Lampet atau Lapet. Ketika dibuka, kuenya mirip dengan kue Putu, dengan adanya isian berupa gula merah. Rasanya apakah juga mirip?

Sabtu, 13 Agustus 2016

Seblak yang Disuka Wanita


Aku dan Ovi heran akan masakan bernama Seblak. Kok bisa laku gitu ya. Padahal makanan ini hanya menggunakan bahan utama kerupuk yang kemudian dimasak dengan bumbu seperti kencur, bawang, dan cabe. Tapi setelah mencicipi Seblak modifikasi di dekat rumah, saya rupanya doyan.

Senin, 08 Agustus 2016

Saatnya Dunia Tahu Indonesia Kaya Makanan Nikmat


"Makanan Indonesia memang sudah lama enak. Saatnya dunia juga tahu, kita punya banyak makanan enak."
Membahas makanan tradisional Indonesia itu seru dan memang tiada habisnya, karena Indonesia begitu kaya akan keragaman makanan dan realitanya masih banyak makanan lokal yang kurang populer di tengah masyarakat. Nah, di acara Talkshow Petualangan Kuliner yang menghadirkan Jalansutra dan Jakarta Food Adventure (JFA) ini, blogger dan masyarakat umum diperkenalkan dengan beragam kekayaan kuliner yang informasinya belum banyak tergali. Apa sajakah itu? Yuk simak artikel berikut hingga tuntas.

Senin, 25 Juli 2016

Ketan Bubuk yang Bikin Rindu


Ada banyak jajan tradisional yang suka bikin kangen, salah satunya ketan bubuk. Ketan bubuk yang beken itu di Batu, tepatnya di sekitaran Alun-alun Batu. Variannya kini beragam, bukan hanya ketan bubuk, melainkan juga ada ketan kinca dan aneka topping lainnya.

Rabu, 20 Juli 2016

Di Malang Juga Ada Tahu Bakso dan Tahu Tuna


Tahu bakso memang kondang sebagai salah satu jajanan di kota Semarang. Jajanan ini kemudian meluas ke berbagai kota, salah satunya kota Malang. Di sini Kalian juga bisa mendapatkan tahu bakso dan tahu tuna yang gurih dan nikmat dengan harga yang ramah di kantong.

Tahu Bakso berbeda dengan batagor. Unsur tahu dan bakso pada batagor tetap ada dan saling melengkapi. Tahu bakso merupakan tahu dengan bentuk prisma yang di tengahnya terdapat bakso sapi yang sedap.

Paling oke sih jika tahu bakso sapi ini digoreng kemudian disantap dengan cabe hijau. Hemmm...jadi teman lauk atau buat sarapan dan camilan juga bisa.

Ada juga tahu tuna atau tahu bakso tuna. Ukurannya lebih kecil dibandingkan tahu bakso, harganya juga sepertiganya karena bakso yang digunakan bukan dari daging sapi, melainkan dari ikan tuna dikombinasikan dengan sedikit tepung tapioka. Rasanya juga nggak kalah nikmat.

Nah, dua macam jajanan ini bisa Kalian dapatkan di berbagai toko kue di Malang, seperti toko kue di jalan Kawi. Atau Kalian juga bisa memesannya secara beku/mentah atau sudah matang alias digoreng.


Harganya terjangkau. Untuk versi beku, tahu tuna dan tahu bakso harganya Rp 9 ribu dan Rp 27 ribu. Sedangkan versi yang sudah matang dihargai Rp 10 ribu dan Rp 28 ribu. Kalau ingin memesannya bisa mengirimkan pesan ke Sdri. Betty, pemilik Lezatto di 0817-9602004 atau Prima di 0856-3566456.



Senin, 20 Juni 2016

Cappucino dan Menunggu




Menunggu itu sesuatu membosankan
Apalagi di Jakarta ini sesuatu tak pasti
Sebuah janji bisa dibatalkan mendadak
Karena berbagai alasan seperti banjir

Sabtu, 18 Juni 2016

Gado-Gado Sajian Salad Nusantara


Hayooo siapa yang tak kenal salad satu ini yang disebut gado-gado? Gado-gado termasuk jenis salad khas masyarakat Indonesia. Masakan ini bukan hanya populer terutama di daratan Jawa, tapi juga dikenal mancanegara. Rasanya segar dan tentunya sehat.

Jumat, 17 Juni 2016

Koci, Kue Tradisional Indramayu yang Legit





Kue Koci, kue ini selalu menjadi buah tangan ketika saudara dari Heurgeulis, Indramayu berkunjung ke rumah. Kue ini sekilas mirip kue Bugis atau Mendut, menggunakan pembungkus daun pisang dan memiliki isian di dalamnya. Rasanya sama-sama manis dan enak. Tapi kedua jenis kue ini berbeda dari segi cita rasa.

Kamis, 16 Juni 2016

Mie Ayam ataukah Pangsit Pilihanmu?


Saat menimba ilmu di Surabaya saya terkejut ketika menyantap mie ayam. Awalnya saya mengira mie ayam itu sama saja dengan pangsit di kota Malang, ternyata berbeda.